Peristiwa

Musim Angin Utara Segera Tiba, Polisi Imbau Nelayan Waspada

Polisi membagikan life jacket ke penumpang speed boat Tanjunguban-Telagapunggur di Pelabuhan Bulang Linggi, Tanjunguban, belum lama ini. F.Satpolair Polres Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Kasatpolair Polres Bintan AKP Suardi mengingatkan masyarakat yang melakukan aktivitas di laut untuk mewaspadai musim angin utara yang bisa menimbulkan cuaca buruk terjadi sewaktu-waktu.

“Sekarang ini sudah memasuki masa peralihan dari musim angin selatan ke musim angin utara,” kata ia.

Ia menjelaskan, musim angin utara merupakan angin yang bertiup dari arah utara dan dapat menimbulkan cuaca buruk dan gelombang tidak menentu.

Sejauh ini, ia mengatakan, pihaknya telah mendatangi masyarakat nelayan dan nakhoda kapal ikan yang ada di Kijang dan Trikora untuk mewaspadai musim angin utara.

Bahkan pihaknya mengingatkan kepada masyarakat nelayan dan nakhoda kapal untuk mencermati cuaca sebelum melaut.

“Kalau cuaca buruk sebaiknya jangan memakskan diri untuk melaut karena bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain,” kata ia.

Ia juga mengimbau masyarakat nelayan dan nakhoda kapal untuk melengkapi alat keselamatan diantaranya life jacket dan pelampung serta alat komunikasi.

Tidak hanya itu, kata ia, pihaknya juga telah mengingatkan operator kapal di Pelabuhan Bulang Linggi, Tanjunguban untuk melihat cuaca sebelum membawa penumpang.

“Alat keselamatan dan komunikasi selalu kita ingatkan terus. Dan tidak boleh over kapasitas, karena bisa membahayakan keselamatan pelayaran,” kata ia.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan membagikan life jacket ke masyarakat nelayan yang membutuhkan di daerah pesisir Bintan.

“Sabtu ini kita sudah janjian dengan nelayan akan bagikan life jacket,” tutupnya. (met)

Loading...