Kabar Pemkab

Tamsir : Tidak Sesuai Ukuran, Bisa Ditukar

Bantuan Seragam Sekolah mulai Diserahkan

Ketua TP PKK Bintan Deby Maryanti disaksikan Bupati Bintan Apri Sujadi menyerahkan bantuan seragam dan alat perlengkapan sekolah secara simbolis di SDN 004 Bintan Utara pada Sabtu (9/11) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Bupati Bintan Apri Sujadi melakukan penyerahan bantuan lima seragam sekolah dan alat kelengkapan sekolah berupa sepatu dan tas sekolah bagi siswa baru baik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Penyerahan secara simbolis berlangsung di SDN 004 Bintan Utara, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Bintan pada Sabtu (9/11) sekitar pukul 10.30 WIB.

Hadir Kadis Pendidikan Bintan, Tamsir, Ketua TP PKK Bintan Deby Maryanti dan Anggota DPRD Bintan Zakirman serta perwakilan dari Kejakasaan Negeri (Kejari) Bintan.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, sudah tiga tahun Pemerintah Kabupaten Bintan melaksanakan program peduli pendidikan dengan pendampingan dari Kajari Bintan.

Selama itu, menurut ia, sudah hampir 21 ribu anak Bintan yang menerima bantuan seragam dan alat kelengkapan sekolah.

“Tahun ini, siswa SD dan SMP yang menerima bantuan berjumlah sekitar 6.775 siswa,” kata ia.

Ditegaskannya, pendidikan merupakan hal yang wajib. Karena menanamkan investasi pendidikan pada saat ini, hasilnya akan dituai pada puluhan tahun yang akan datang.

“Itu la kenapa kita mulai membina karakter anak-anak kita mulai sekarang,” kata ia.

Ia juga berpesan kepada dinas pendidikan, guru dan orangtua untuk selalu memperhatikan pendidikan anak-anak.

“Saya juga sampaikan ke dewan bahwa pendidikan kita tidak terfokus pada tulis, baca, hitung, namun yang tidak kalah penting dan menjadi perhatian kita bersama ialah pendidikan karakter,” kata ia.

Siswa SD menerima bantuan seragam sekolah dan alat kelengkapan sekolah dari Pemerintah Kabupaten Bintan, diserahkan simbolis Bupati Bintan Apri Sujadi di SDN 004 Bintan Utara, Tanjunguban, Sabtu (9/11). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

Ia mencontohkan di negara maju, pendidikan tidak semata bisa membaca dan menulis serta berhitung. Namun, bagaimana mendidik anak tau adab bersikap sopan dan santun.

Menurut ia, bila mengajarkan menulis, membaca dan berhitung hanya dibutuhkan waktu 3 tahun, namun kalau membentuk karakter dibutuhkan setidaknya 8 tahun.

“Bagaimana mendidik karakter anak kita, mengenal diri sendiri, keluarga, lingkungan dan daerah dan utamanya negara yang kita cintai ini,” kata ia.

Oleh karena itu, diperlukan kerja sama orangtua dan guru serta semua pihak agar kelak anak-anak di Bintan menjadi anak yang  berbudaya memahami ilmu dan pengetahuan.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir mengatakan, setelah diserahkan secara simbolis saat ini, selanjutnya bantuan seragam sekolah dan alat kelengkapan sekolah akan didistribusikan ke sekolah-sekolah.

“Sudah mulai didibusikan, termasuk untuk ke siswa SMP,” kata ia.

Dia mengatakan, setelah didistribusikan nanti bila ada seragam sekolah yang ukurannya tidak sesuai atau tidak muat dipakai baik ukurannya kekecilan atau kebesaran, bisa dikembalikan dan ditukar.

“Kalau kekecilan atau kebesaran ukuran seragamnya tidak sesuai ukuran, bisa ditukar,” kata ia.

Ia berharap pendistribusian seragam sekolah dan alat kelengkapan sekolah berjalan lancar.

Data diperoleh dari Dinas Pendidikan Bintan, jumlah seragam sekolah yang dibagikan tahun ini untuk siswa SD sebanyak 3.325 orang, siswa MI sebanyak 3.575 orang. Untuk siswa SMP sebanyak 2.831 siswa dan untuk siswa MTs sebanyak 369 siswa. (met)

Loading...