Metro Bintan

Pemuda Pancasila Bintan Utara Ajak Pelajar Menjadi Pahlawan Masa Kini

Tabur bunga yang diadakan PP Bintan Utara dalam memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Dwikora Tanjunguban, Minggu (10/11). F.PP Bintan Utara untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Puluhan pelajar di Tanjunguban mengikuti acara mengheningkan cipta dan tabur bunga peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara pada Minggu (10/11) pagi.

Kegiatan ditaja Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Bintan Utara ini turut diikuti instansi pemerintah, TNI dan Polri di Kabupaten Bintan.

Hadir Ketua DPC Srikandi Bintan, Rani Kumala, Priyo Sasmito mewakili Kafasharkan Mentigi TNI AL, S Sembiring mewakili Koramil, dan KSB.

Ketua PAC Pemuda Pancasila Bintan Utara, Miswanto mengatakan, kegiatan ini diikuti pelajar dari lima sekolah menengah atas dan kejuruan di Tanjunguban.

Adapun lima sekolah tersebut ialah SMKN 1, SMU YKPP,  SMPN 12, SMPN 13, dan SMP IT.

Dalam kegiatan ini, ia mengajak pelajar untuk menenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam peperangan. Selain itu, mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur sehingga mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

“Kita berdoa semoga arwah para pahlawan yang telah gugur diterima amal ibadahnya dan diampuni dosa-dosanya,” kata ia.

Ia juga mengajak pelajar untuk memaknai Hari Pahlawan dengan menjadi Pahlawan Masa Kini.

Foto bersama kegiatan mengheningkan cipta dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Dwikora, Tanjunguban, Minggu (10/11). F.PP Binut untuk Batam Pos.

Sesuai tema Hari Pahlawan saat ini yakni “Aku Pahlawan Masa Kini” ia berharap  pelajar bisa mencontoh semangat para pahlawan dalam berjuang untuk Tanah Air Indonesia.

“Kalau dulu pahlawan mengangkat senjata dan menoreh prestasi di berbagai bidang saat itu. Saya harapkan adik-adik pelajar saat ini menjadi pahlawan masa kini dengan belajar tekun, sayang kepada orangtua dan orang yang lebih tua usianya serta sesama. Terus mengejar cita-cita dan mengukir prestasi di bidang kehidupan saat ini,” harapnya.

Sementara Ketua Panitia Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan, Apit Adigunta mengatakan, momentum Hari Pahlawan saat ini penting untuk bersama-sama menjadi bahan renungan.

“Agar semangat para  pahlawan yang telah gugur memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua,” kata ia.

Dari momen bersejarah ini, ia mengajak semua pihak untuk menjadikan hal ini sebagai pelajaran bahwa pentingnya persatuan dan kesatuan, keragaman sebagai realitas Indonesia bukan menjadi alasan untuk terpecah belah.

“Seragam kita boleh beda, namun bendera kita sama yakni bendera merah putih,” tegasnya.

Dia juga mengatakan, pentingnya anak muda sebagai aset masa depan bangsa agar diperhatikan dan perlunya saling asah, asih dan asuh agar kelak terciptanya generasi muda yang berkualitas untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang.

Terakhir ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah meluangkan waktunya untuk memperingati Hari Pahlawan. (met)