Kabar Pemkab

Bintan Dipastikan Kembali Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba tahun 2019

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat menghadiri acara yang berkaitan dengan anak-anak, belum lama ini. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Kabupaten Bintan kembali mencatatkan prestasi di tingkat nasional. Bintan dipastikan akan kembali meraih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba tahun 2019 menyusul surat kawat dari Menteri Dalam Negeri nomor 080/12558/sj tanggal 8 November 2019, yang diteken Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo.

Kadis Kominfo Bintan, Aupa Samake, saat dihubungi, Kamis (14/11) siang mengatakan, berdasarkan surat tersebut, Bintan menjadi salah satu kabupaten kota di Indonesia yang menerima penghargaan Kota Sehat 2019.

Penyerahan penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba akan dilakukan di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat pada 19 November mendatang.

Dikatakannya juga bahwa, Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan telah memberi apresiasi tinggi kepada semua pihak, stakeholder, dan masyarakat yang telah membantu Bintan merebut penghargaan Kota Sehat.

Menurutnya, penghargaan ini menunjukkan jika Bintan dinilai bersih, nyaman, aman dan sehat.

“Dan itu dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintregasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Diketahui sejak tahun 2015, Kabupaten Bintan berturut-turut selalu mendapatkan predikat kabupaten sehat. Dimulai dari tahun 2015, Pemkab Bintan mendapatkan penghargaan Swastisaba Padapa. Lalu Tahun 2017, Pemkab Bintan juga menerima penghargaan Swastisaba tingkat Wiwerda.

“Tahun 2019 ini, kita optimis mampu meraih Swastisaba Wistara,” ujar Bupati Bintan H Apri Sujadi, beberapa saat yang lalu.

Ketua Umum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan Hj Deby Maryanti mengatakan, ada lima tatanan yang akan diikuti untuk meraih penghargaan tertinggi Kabupaten Sehat itu.

Yakni, tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat, tatanan pariwisata yang sehat, tatanan perkantoran/industri yang sehat serta tatanan ketahanan pangan dan gizi.

“Setiap tahunnya, menargetkan kembali meraih penghargaan dengan tingkatan yang lebih tinggi. Kabupaten/kota Se-Kepri, hanya Kabupaten Bintan yang menuju Swastisaba Wistara. Kita bersyukur dan perlu partisipasi dan dukungan dari semua pihak,” tutupnya. (met)