Kabar Pemkab

Bupati Perjuangkan Siswa SMA di Bintan Bisa Terima Bantuan Seragam Sekolah Gratis

Bupati Bintan, Apri Sujadi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi memperjuangkan agar siswa sekolah menengah atas (SMA) bisa mendapatkan bantuan seragam sekolah dan alat kelengkapan sekolah gratis.

Ia mengatakan, sudah tiga tahun pemerintahnya menyerahkan bantuan seragam sekolah gratis dan alat kelengkapan sekolah ke siswa baru baik sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Bintan.

Bantuan ini diharapkan meringankan beban orangtua yang anaknya baru masuk sekolah.

Sedangkan untuk siswa SMA, ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan sejauh ini belum bisa menyalurkan bantuan seragam sekolah karena terkendala regulasi disebabkan kewenangan sekolah menengah atas (SMA) sudah di bawah kewenangan pemerintah provinsi tepatnya di bawah dinas pendidikan.

Sebagaimana diketahui UU nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, dimana beberapa kewenangan pemerintah kabupaten kota dialihkan ke pemerintah provinsi diantaranya urusan pendidikan sekolah menengah atas.

Namun katanya, saat ini pihaknya sedang memperjuangkan ke pemerintah provinsi dan persoalan ini telah dibahas bersama-sama di tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan anak-anak SMA kita bisa mendapatkan bantuan seragam sekolah gratis dari Pemkab Bintan,” kata ia.

Ia juga mengharapkan dukungan DPRD Kabupaten Bintan terkait bantuan seragam sekolah gratis untuk siswa baru di tingkat SMA dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) nantinya.

Ke depan diharapkannya dunia pendidikan di Bintan akan semakin maju dan anak-anak sekolah di Bintan memiliki kualitas sumber daya manusia yang handal dan mampu bersaing. (met)