Politik

Ingin Konsultasi Terkait Pilkada, KPU Bintan Buka Layanan Helpdesk

Dua staf KPU Bintan stand by menerima warga yang ingin konsultasi terkait Pilkada 2020 dengan dibukanya layanan helpdesk di Kantor KPU Bintan, Jalan Tata Bumi, Toapaya. F.KPU Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan membuka layanan helpdesk terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Bintan periode 2020 hingga 2024.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Bintan, Rusdel mengatakan, layanan helpdesk telah dibuka di kantor KPU Bintan di jalan raya Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya.

Layanan help desk ini, untuk masyarakat yang berminat menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan baik melalui jalur Partai maupun perseorangan agar dapat berkonsultasi terkait Pilkada ke KPU Bintan.

“Konsultasi dibuka selama hari kerja mulai sekitar pukul 08.00 sampai dengan sekitar pukul 16.00,” jelasnya.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Bintan, Rusdel. F.Dokumen Pribadi untuk Batam Pos.

Untuk calon perseorangan yang ingin maju calon bupati dan wakil bupati Bintan pada Pilkada 2020, ia menegaskan harus menyerahkan dukungan perseorangan berupa e-KTP atau surat keterangan (suket) penganti e-KTP dengan disertai form B1KWK sesuai keputusan KPU nomor 2096.

“Form B1 KWK harus diisi dan ditandatangani oleh pemilik e-KTP,” kata ia.

Diakuinya, terdapat perbedaan syarat calon perseorangan pada pilkada saat ini dengan sebelumnya yakni pilkada sebelumnya hanya menyerahkan e-KTP atau suket. Namun pilkada saat ini harus menyerahkan e-KTP atau suket dan harus menyertakan form B1KWK.

“Kalau hanya menyerahkan e-KTP atau suket tetapi tidak menyertakan form B1KWK, dukungan calon perseorangan dianggap tidak sah,” tutupnya.  (met)