Politik

Berminat Jadi Anggota Panwascam, Bawaslu Bintan Buka Pendaftaran Sampai 26 November

Komisioner Bawaslu Bintan, Ondi Doby Susanto ketika menyerahkan laporan komprehensif pileg pilpres ke Ketua Bawaslu RI, Abhan. F.Dokumen Pribadi untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Untuk mengawal jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bintan membuka pendaftaran panitia pengawas kecamatan (Panwascam).

Pengumuman sekaligus pengambilan formulir dibuka mulai 13 sampai 26 November 2019.

Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu Kabupaten Bintan, Ondi Doby Susanto mengatakan, sejak dibuka pendaftaran Panwascam, sudah ada 9 orang warga Bintan yang mengambil formulir pendaftaran Panwascan.

“Sudah ada 9 orang yang ambil formulir,” kata ia, Minggu (17/11).

Ia mengatakan, setiap kecamatan akan diisi 3 orang anggota panwascam sehingga pihaknya menargetkan setidaknya 30 orang  yang mendaftar sampai dengan tanggal 26 November mendatang.

Ia juga menjelaskan persyaratan untuk menjadi anggota Panwascam masih sama dengan persyaratan pada Pileg kemarin.

Diantaranya ijazah minimal SMA, bersih dari narkotika, usia minimal 25 tahun dan warga Bintan yang dibuktikan dengan KTP elektronik.

“Terpenting tidak menjadi anggota Partai Politik,” kata ia.

Nah bagi yang ingin mendaftar, ia menyebut bisa melengkapi persyaratan administrasi diantaranya foto kopi KTP elektronik, foto kopi ijazah terakhir yang sudah dilegalisir, pas foto berlatar merah dengan ukuran 4×6 sebanyak lima lembar, daftar riwayat hidup dan surat keterangan bebas jasmani  rohani dan bebas dari narkotika.

Terkait pendaftaran, lelaki yang akrab disapa Ondi menyarankan masyarakat yang berminat menjadi anggota Panwascam bisa langsung mendatangi sekretariat Bawaslu Bintan di jalan raya Kilometer 16 Tanjungpinang Tanjunguban. (met)