Peristiwa

Gasak Handphone, Ayong Sempat Foya-foya Sebelum Ditahan

Pelaku bernama Ayong diamankan polisi setelah mencuri handphone. F.Polsek Bintan Utara untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Gara-gara mengasak handphone, M Yani alias Ayong, 22, diamankan di konter handphone di Tanjungpinang pada Sabtu (16/11).

Kejadian bermula pada Senin (11/11) korban bersama temannya pergi karaoke di salah satu kafe di kawasan Bukit Senyum, Desa Lancang Kuning, Bintan Utara.

“Kejadian dini hari, karena melihat orang-orang di sekitarnya sudah dalam pengaruh alkohol, dia mengasak handphone yang ada di atas loadspeaker,” kata Kapolsek Bintan Utara Kompol Arbaridi Jumhur melalui Kanit Reskrim Iptu Nasrun Sembiring di ruangannya, Rabu (20/11).

Kejadian ini berulang. Ia mengatakan, pelaku kembali mencuri di kamp tempat kawannya bekerja di Pasar Baru, Tanjunguban pada Kamis (14/11).

Ketika itu, dia pura-pura menjenguk kawannya yang sedang sakit. Ia kemudian naik ke lantai dua dan mengasak handphone di sana.

Kejadian terungkap saat warga Jalan Berdikari, Kampumg Sukadamai, Kelurahan Tanjunguban Timur ingin menjual handphone di salah satu konter handphone di Tanjungpinang.

“Dia ingin membuka handphone yang terblokir. Namun, pemilik konter curiga, kenapa kalau dia pemiliknya tidak ingat password handphonenya sendiri,” kata Nasrun.

Dasar curiga itu, pemilik konter handphone berkoordinasi dengan pihak kepolisian di Tanjungpinang.

“Ditangkapnya pada tanggal 16 November,” ujarnya.

Setelah diamankan aparat, pelaku mengakui telah melakukan aksi pencurian sebanyak dua kali.

“Diakuinya sudah dua kali mencuri. Dua handphone yang diambil 1 unit handphone xiaomi redmi note 4 dan vivo,” sebutnya.

Nasrun mengatakan, sebenarnya pelaku sudah tiga bulan di sini. Pelaku aslinya berasal dari Tembilahan. Ia kerja serabutan di Tanjunguban.

“Kalau menurut pelaku, dia menghabiskan uangnya untuk foya-foya, mabuk,” kata ia.

Perbuatan ini membuat pelaku dijerat Pasal 362 junto 65 KUHP Tentang Pencurian dengan ancaman maksimal 5 tahun. (met)