Peristiwa

Ini Sebab Tiga Titik Banjir di Tanjunguban, dari Pasang Tinggi Air Laut sampai Tak Ada Selokan

Banjir di jalan R E Martadinata Tanjunguban atau di depan pelabuhan speed Bulang Linggi lebih disebabkan air pasang tinggi air laut. Terlihat dua Polantas Bintan saat memetakan titik banjir di Tanjunguban, Selasa (3/12) siang. F.Satlantas Polres Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Satuan Lalu Lintas Polres Bintan setidaknya memetakan tiga titik banjir di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Rendi Johan Prasetyo mengatakan, ada tiga titik banjir di Tanjunguban.

Titik banjir di ketiga lokasi itu, menurut ia, ditengarai hal yang  tidak sama.

Ia menyebut, seperti titik banjir di jalan R E Martadinata Tanjunguban atau di depan pelabuhan speed Bulang Linggi.

Banjir yang terjadi di daerah ini, menurut ia, dikarenakan pasang tingginya air laut.

Kemudian di Jalan Indunsuri Tanjunguban atau di depan LPG, ia mengatakan, banjir yang terjadi di sana dikarnakan selokan dan gorong-gorong yang tersumbat.

“Tanah menyumbat gorong-gorong di sana sehingga kalau pas hujan air tidak tertampung di gorong-gorong sehingga menyebabkan banjir di jalan tersebut,” ujarnya.

Yang ketiga di Jalan Permaisuri Tanjunguban dekat samping Taman Makam Pahlawan Dwikora Tanjunguban.

Kali ini, menurut analisasnya, banjir yang terjadi di lokasi tersebut dikarenakan tidak adanya aliran air atau selokan di pinggir jalan.

Hasil dari pemetaan titik banjir ini, kata ia, akan dibawa ke rapat koordinasi penyelenggaraan jalan dengan dinas terkait.

Ia berharap pemetaan awal yang dilakukan jajarannya bisa membantu pemerintah dalam hal ini dinas terkait dalam mengatasi banjir di tiga lokasi tersebut di Tanjunguban. (met)