Peristiwa

Tim SAR Gabungan Berhasil Selamatkan Enam Awak KM Jaya Makmur 33 yang Hilang Kontak

Enam awak kapal KM Jaya Makmur 33 yang hilang kontak di perairan Mapur, Bintan yang berhasil diselamatkan. F.SAR Tanjungpinang untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan menyelamatkan enam orang awak kapal KM Jaya Makmur 33 yang hilang kontak di perairan Mapur, Bintan.

Enam awak kapal itu ialah Ahmad Topa, nahkoda, Tengku Ersuardy, KKM, Nursirwan Haryadi, Masinis II, Muhamad Harapit, Kelasi, Mukhayin, Kelasi dan Lukman, Kelasi.

Kapal tersebut akhirnya ditemukan hanyut terbawa arus ke perairan Pulau Numbing, Bintan pada Senin (2/12) sekitar pukul 17.00 WIB.

Sebelum hilang kontak, kapal membawa muatan material berlayar dari Tanjungpinang menuju ke perairan Pulau Bawah, Kepulauan Anambas pada 28 Novemver 2019 sekitar pukul 05.00 WIB.

Ketika berada di perairan Pulau Mapur, kapal mengalami kerusakan pada selang gearbox.

Setelah diperbaiki, kapal kembali melanjutkan pelayaran. 1 sampai 2 jam, pemilik kapal masih bisa berkomunikasi dengan awak kapal.

Akan tetapi setelah itu, komunikasi terputus. Kapal hilang kontak.

“Perkiraan tanggal 30 Novemver kapal sudah tiba di lokasi, namun kapal tidak kunjung sampai ke tujuan,” kata Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Tanjungpinang, Eko Suprianto.

Tim SAR gabungan berusaha menyisir lokasi hilangnya kapal.

Pada Senin (2/12) kapal berhasil ditemukan dan 6 awak kapal dalam keadaan selamat. “Kapal terbawa arus sampai ke perairan Numbing,” kata ia.

Kemudian kapal ditarik ke Pulau Numbing.

“Setelah menunggu kapal KM. Hasil Laut Jaya tiba, kapal ditarik menuju Pelabuhan Kijang, Bintan,” kata ia. (met)