Peristiwa

Tim Damkar Tanjunguban Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Kosong

Personel UPT Damkar Tanjunguban dibantu personel Damkar Pemko Tanjungpinang berhasil mengevakuasi sarang tawon di sebuah rumah kosong di RT 03 RW 03, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Bintan pada Kamis (5/12) siang. F.Damkar Tanjunguban untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Tanjunguban di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan berhasil mengevakuasi sarang tawon di sebuah rumah kosong di RT 03 RW 03, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Bintan pada Kamis (5/12) siang.

Seorang warga Tanjunguban, Johan Wahyudi melaporkan kejadian ini ke UPT Damkar Tanjunguban karena sejumlah warga sudah mulai resah akan keberadaan sarang tawon yang mematikan.

“Sarang tawon sudah membesar dengan ukuran 80 x 80 sentimeter dan sangat membahayakan, apalagi saya ada anak kecil yang suka bermain di belakang rumah, “ujarnya.

Kepala Tata Usaha UPT Damkar Tanjunguban, Panyodi mengatakan, pihaknya menerima laporan masyarakat adanya sarang tawon yang sudah meresahkan di sebuah rumah kosong.

Karena peralatan yang minim, pihaknya meminta bantuan ke Damkar Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

“Setelah kita meminta arahan pimpinan, akhirnya kita dibantu peralatan untuk mengevakuasi sarang tawon dari Tanjungpinang,” paparnya.

Sarang tawon di sebuah rumah kosong di RT 03 RW 03, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Bintan pada Kamis (5/12) siang. F.Damkar Tanjunguban untuk Batam Pos.

Setelah peralatan tiba di lokasi, ia mengatakan, timnya langsung mengevakuasi dengan peralatan lengkap.

Dua anggota Damkar dari UPT Damkar Tanjunguban bernama Samsul dan anggota Damkar Pemko Tanjungpinang bernama Rio M Nur turun tangan menggunakan seragam yang lumayan tebal dan berat untuk mencegah sengatan hewan tersebut.

Bahkan kedua anggota Damkar tersebut menggunakan helm tertutup yang sangat aman dalam proses evakuasi.

Setelah dievakuasi, sarang tawon tersebut dimasukkan ke dalam wadah yang aman.

“Sarang tawon langsung dimusnahkan dengan cara dibakar,” tuturnya. (met)