Metro Bintan

Rogoh Dana Rp 5 Miliar Lebih, Dua RTH Dibangun di Bintan

Ruang Terbuka Hijau di Tanjunguban terlihat dari atas Masjid Raya Baitul Makmur, Tanjunguban, Minggu (8/12) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Bintan merogoh dana sekitar Rp 5 miliar lebih untuk membangun dua Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara dan Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

Kepala Dinas Perkim Bintan, Juni Rianto mengatakan, pembangunan RTH di dua lokasi karena masih minimnya ruang terbuka hijau di Kabupaten Bintan.

Untuk RTH di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, kata ia, pekerjaan sudah nyaris selesai. Dimana anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan RTH di Tanjunguban sekitar Rp 2 miliar lebih bersumber dari APBD tahun 2019.

“Tinggal sedikit lagi selesai,” ujarnya.

Ia berharap pembangunan RTH ini menjadi objek wisata baru. Selain itu karena dekat lokasinya dengan masjid Raya Baitul Makmur, Tanjunguban, bagi masyarakat yang beribadah di masjid tersebut dapat singgah di RTH tersebut.

Demikian juga dengan pembangunan RTH di Kijang, Kecamatan Bintan Timur. Ia mengatakan, pekerjaan tinggal tahap penyelesaian. Dimana pembangunan RTH menelan anggaran sekitar Rp 2,9 miliar lebih dengan sumber APBD 2019.

“Sudah 100 persen. Tinggal finishing saja,” paparnya.

Dikatakannya untuk RTH di Kijang, Kecamatan Bintan Timur diintergrasikan dengan objek wisata kolam air pancur. Sehingga membuat pengunjung nyaman ketika berlibur ke objek wisata baru di Kijang itu.

Selain itu di lokasi RTH Kijang juga tersedia panggung untuk event-event yang dilaksanakan di taman kota. Bahkan nanti akan ada rumah jaga bagi petugas yang berjaga di taman tersebut. (met)