Kabar Pemkab

Bantuan Bencana bagi Warga Tambelan Diangkut KM Sabuk Nusantara

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan bantuan bencana alam bagi warga Tambelan yang akan diangkut KM Sabuk Nusantara 48, di Plantar II, Tanjungpinang, Selasa (10/12) pagi. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Bantuan bencana alam banjir bah dan tanah longsor bagi warga Kecamatan Tambelan, Bintan diangkut kapal Sabuk Nusantara 48.

Bantuan yang disalurkan berupa sembako, beras, indomie, alat rumah tangga, dan perlengkapan lainnya.

Pelepasan bantuan dihadiri Bupati Bintan, Apri Sujadi di Plantar II, Tanjungpinang, Selasa (10/12) pagi.

Bantuan diserahkan secara langsung kepada Camat Tambelan Sofyan yang disaksikan Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara, Kapolsek Tambelan Ipda Missyamsu Alson dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi menuturkan dirinya telah merancang beberapa langkah untuk menangani bencana alam banjir dan tanah longsor di Kecamatan Tambelan agar tidak terulang lagi di masa-masa akan datang.

Ia juga sudah menugaskan dua dinas untuk melakukan survei ke Kecamatan Tambelan terkait infrastruktur jangka panjang khususnya dalam menangani bencana alam banjir dan tanah longsor.

“Kita sudah meminta Dinas Perkim dan Dinas PUPR untuk melakukan kajian jangka panjang, terkait pembenahan infrastruktur Kecamatan Tambelan, terkhususnya lagi terkait bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi baru-baru ini,” jelasnya.

“Kita juga meminta agar tanah yang longsor, tidak dibuang ke laut karena itu akan membuat laut menjadi dangkal di sana,” ujarnya.

Terkait bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi di tiga desa Kecamatan Tambelan, dirinya terus mengikuti perkembangan yang terjadi. Bahkan, usai mendapatkan informasi tersebut, ia telah menggagas agar segera dibentuknya posko bencana sekaligus menggalang dompet peduli.

“Hari ini secara resmi kita serahkan bantuan bencana tersebut, yang akan diberangkatkan melalui transportasi kapal,” katanya.

Saat ini, dirinya juga terus mengikuti perkembangan bencana alam yang terjadi di tiga desa Kecamatan Tambelan.

“Usai bencana, kita juga sudah menugaskan OPD terkait untuk segera melakukan langkah-langkah terkini, bagi penanggulangan bencana sebelum dan sesudahnya. Salah satunya, penggalangan dana melalui dompet peduli yang kita harapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (met)