Peristiwa

Siaga Antisipasi Bencana, Polres Bintan Gelar Apel Pasukan

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang melihat kesiapan personel dan sarana prasarana dalam penanganan bencana usai apel gelar pasukan siaga antisipasi bencana di lapangan apel markas Polres Bintan, di Bintan Buyu, Rabu (11/12) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Kepolisoan Resor (Polres) Bintan menggelar apel pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres Bintan.

Apel gelar pasukan berlangsung di lapangan apel markas Polres Bintan di Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan pada Rabu (11/12) pagi.

Apel gelar pasukan kali ini diikuti personel TNI/Polri, Badan SAR, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, Dinas Perhubungan Bintan dan Dinas Kesehatan Bintan serta instansi lainnya.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan, beberapa kejadian bencana telah terjadi di Kabupaten Bintan. Tidak saja di laut, namun kejadian bencana juga terjadi di darat.

Salah satunya, kata Boy, bencana alam banjir bah dan longsor yang terjadi di Kecamatan Tambelan, baru-baru ini. Selain itu, beberapa kejadian kapal tenggelam usai diterjang ombak tinggi di perairan Bintan.

Oleh karena itu, menurut ia, apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini sangat penting.

Betapa tidak, masih menurut ia maksud apel ini ialah untuk menyiapkan personel yang akan selalu siaga dalam mengantisipasi dan menangani bencana yang setiap waktu bisa datang mengancam masyarakat dan daerah.

“Penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Dia juga meminta masyarakat diedukasi bagaimana menjadi masyarakat yang tangguh dalam menanggulangi bencana.

“Berikan edukasi yang benar ke masyarakat terkait penanganan bencana sehingga menjadi masyarakat yang tangguh dan memiliki kepekaan terhadap potensi terjadinya bencana yang setiap waktu bisa datang mengancam diri dan lingkungannya,” ujarnya.

Ia berharap, apel kesiapsiagaan ini membuat penanganan bencana lebih terencana, terkordinasi dan terpadu sehingga penanganan bencana bisa lebih cepat, tepat dan terarah.

“Kerja sama dan sinergitas dibutuhkan,” tutupnya.

Usai melaksanakan apel gelar pasukan, Kapolres bersama pejabat yang hadir memantau kesiapan personel dan sarana prasarana alat keselamatan yang biasa digunakan untuk penanganan bencana. (met)