Politik

Bawaslu Bintan Susun IKP, Kerawanan Pilkada 2020 Meningkat

Rapat koordinasi evaluasi pengawasan Pemilu 2020 bersama mitra kerja di Kabupaten Bintan yang digelar Bawaslu Bintan di Lohas Wellnes Village Toapaya, Kamis (12/12). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Bawaslu Kabupaten Bintan sedang menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Anggota Bawaslu Bintan, Dumoranto Situmorang memprediksi kerawanan pelaksanaan Pilkada Bintan tahun 2020 akan meningkat, berdasarkan beberapa dugaan pelanggaran Pemilu serentak yang digelar 2019 lalu.

Saat ini, Bawaslu sedang menyusun IPK. Dimana data-data didapat dari KPU, Kepolisian bahkan dari media.

Setelah selesai, data tersebut akan dikirim ke Bawaslu RI.

“Data yang didapat tadi akan dievaluasi,” kata lelaki yang menjabat Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bintan saat menghadiri rapat koordinasi evaluasi pengawasan pemilu bersama mitra kerja di Lohas Wellnes Village di jalan raya Kawal, Kilometer (Km) 32, Toapaya, Kamis (12/12).

Dikatakannya, dari hasil Pemilu 2019 lalu ada beberapa yang menjadi catatan penting diantaranya pembatasan beberapa akses Bawaslu terhadap beberapa sistem di KPU Bintan.

Ia menyebut misalnya verifikasi pencalonan seperti pada Pileg 2019 lalu banyak temukan calon yang berstatus honorer termasuk pengurus BUMDes.

Oleh karena itu, ia berharap ke depannya ada perbaikan pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

Rakor ini dihadiri pejabat Pemkab Bintan, Kejaksaan Negeri Bintan, TNI Polri, serta perwakilan kecamatan. (met)