Metro Bintan

Adu Kreativitas dan Inovasi, Siswa Terpilih Tanjungpinang dan Bintan Ikut Education for Children Competition

Siswa baik dari Tanjungpinang dan Bintan saat mengikuti Education for Children Competition yang berlangsung di SDN 001 Teluk Sebong, Bintan pada Sabtu (14/12) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Enam sekolah dari Tanjungpinang dan Bintan beradu kreativitas dan inovasi dalam Education for Children Competition yang berlangsung di SDN 001 Teluk Sebong, Bintan pada Sabtu (14/12) pagi.

Enam sekolah tersebut SMPN 24 Bintan, SDN 001 Teluk Sebong, dan SDN 004 Ekang Enculai, SMPN 11 Tanjungpinang, SDN 03 Tanjungpinang, dan SDN 02 Tanjungpinang Timur.

Hadir dalam kompetisi ini, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Hosni, CSR Manager Banyan Tree Bintan, Henry Ali Singer, dan Dosen Pembina Edutech for Children UMRAH, Deny Nursywan.

Hadir pula beberapa perwakilan sekolah dari Bintan Timur dan Gunung Kijang untuk meninjau kegiatan ini.

CSR Manager Banyan Tree Bintan, Henry A Singer mengatakan, setelah sukses menggelar Edutech for Children dengan mengenalkan teknologi sedari dini ke siswa, Banyan Tree dan Fakultas Teknik UMRAH kembali menggelar kompetisi bertajuk Edutech for Children Competition.

“Ini inisiatif kita bersama memajukan dunia pendidikan baik di Tanjungpinang dan Bintan,” kata Henry.

Dijelaskannya, kompetisi ini diikuti siswa terpilih dari sekolah yang pernah mengikuti program edutech for children sebelumnya.

“Kita apresiasi mereka yang sudah terpilih agar lebih termotivasi kedepannya, “ujarnya.

Foto bersama siswa yang mengikuti Education for Children Competition yang berlangsung di SDN 001 Teluk Sebong, Bintan pada Sabtu (14/12) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

Kompetisi ini juga, masih katanya, dibuat menyenangkan. Siswa belajar teknologi sesuai tingkatannya dengan cara menyenangkan, salah satunya membuat desain robot 3D melalui komputer.

Yang dinilai dalam kompetisi ini ada kreativitas, inovasi, komunikasi, dan kolaborasi.

Selain itu ada pengumuman pemenang lomba desain logo Edutech for Children berhadiah Rp 2 juta rupiah. Pesertanya berasal dari mahasiswa yang sedang atau pernah ikut kegiatan Edutech for Children.

Kegiatan ini direspon sangat baik oleh siswa dan sekolah karena kebutuhan era sekarang yang memang mengharuskan siswa mengenal teknologi. Terutama, Bintan yang mengandalkan sektor pariwisata dalam pembangunan. SDM yang menguasai teknologi digital, akan membantu pertumbuhan wisata yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala SDN 001, Haryanto menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak Banyan Tree dan UMRAH.

Ia berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut.

Salah satu peserta dari SDN 001 Teluk Sebong, Cherly Handayani mengatakan, dirinya sangat senang karena bisa mempelajari desain 3 dimensi.

“Ya kami sangat senang, selain itu kami bisa bertemu teman baru dan menambah pengalaman yang sangat menyenangkan,” katanya. (met)