Kabar Pemkab

Pengudang Seafood Festival ke IV Tahun 2019 Menggugah Selera

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengunjungi stan kuliner yang menjajakan kuliner olahan seafood pada Pengudang Seafood Festival ke IV Tahun 2019 di Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong pada Sabtu (14/12). F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Desa Pengudang yang dikenal dengan wilayah pesisir dan kekayaan biota lautnya mengandung hasil perikanan sekaligus kuliner (seafood) yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Pengudang Seafood Festival tahun 2019 kembali memberi peluang bagi siapa saja yang mampu mengolah hasil laut yang kemudian disajikan dalam bentuk kuliner yang bergizi dan bernilai jual.

Festival Seafood yang ke IV kalinya ini kembali diikuti oleh masyarakat sekitar dan beberapa peserta dari luar Pengudang yang siap beradu kreatifitas dalam mengolah makanan.

Bupati Bintan Apri Sujadi bersama Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam yang turut hadir memberikan apresiasi atas upaya berazas ekonomi perikanan ini.

Bagi Apri, festival semacam ini layak dilaksanakan setiap tahun atau menjadi event rutin dengan harapan bisa berdampak positif khususnya bagi masyarakat Pengudang.

“Hasil laut di Desa ini tidak kita ragukan lagi. Kegiatan semacam ini pula yang membuka pola pikir kita bahwa hasil laut yang didapat bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih bernilai jual tinggi. Malah kalau bisa ke depannya festival ini mengundang partisipasi dari luar daerah, tujuannya agar Pengudang bisa semakin dikenal,” imbuh Apri.

Deretan stan-stan kuliner sepanjang lokasi acara, Sabtu (14/12) menawarkan beragam menu olahan hasil laut yang ternyata cukup menggugah selera. Mulai dari pepes ikan, olahan ikan, olahan kepiting, olahan cumi dan beberapa jenis biota lainnya yang dipadukan dengan resep khas warga Desa Pengudang.

Masyarakat Pengudang dan sekitarnya berbondong-bondong mengunjungi satu demi satu stand yang ada untuk melihat hasil olahan yang ditampilkan.

Kegiatan ini dimaksudkan dapat menjadi ikon Desa Pengudang, sehingga wisata dan kuliner laut Desa Pengudang bisa dikenal dan diminati oleh seluruh masyarakat baik di dalam maupun di luar daerah. (met)