Peristiwa

Tes Narkoba, Nakhoda, ABK dan Penumpang Kapal di Tanjunguban Diambil Sampel Liur

Petugas melakukan pemeriksaan narkoba terhadap penumpang di Pelabuhan Bulang Linggi, Tanjunguban, Kamis (26/12). F.Satresnarkoba Polres Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Sejumlah nakhoda, anak buah kapal (ABK) dan penumpang kapal diambil sampel air liurnya dalam pemeriksaan narkoba di Pelabuhan Bulang Linggi dan Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Kamis (26/12) siang.

Kasatresnarkoba Polres Bintan AKP Nendra Madya Tias mengatakan, pemeriksaan narkoba untuk mengantisipasi peredaran narkotika selama musim libur Natal dan mencegah penyalahgunaan narkotika.

“Kita mengantisipasi masuknya narkoba dengan memanfaatkan liburan Natal kali ini,” kata Nendra.

Nendra menjelaskan, pemeriksaan narkoba berbeda dari pemeriksaan narkoba biasanya dengan mengambil sampel urine. Kali ini, petugas mengambil sampel air liur nakhoda, ABK dan penumpang kapal secara acak.

“Tes kali ini dengan alat tes Durg Wipe, dimana alat dimasukan ke dalam mulut, kemudian diusap ke bagian dalam pipi dan diamkan beberapa saat untuk mengetahui apakah ada kandungan narkotika dalam air liur,” jelas Nendra.

Dari 25 orang mulai nakhoda, ABK dan penumpang kapal menjalani pemeriksaan narkoba, Nendra menyebut, tidak ditemukan nakhoda, ABK maupun penumpang mengonsumsi narkotika.

“Hasilnya negatif,” ujar Nendra.

Namun demikian, pihaknya tetap mengantisipasi peredaran narkoba di Bintan, karena menurut Nendra, permintaan narkoba diprediksi akan meningkat menjelang Tahun Baru. (met)