Peristiwa

Anggota Polres Bintan Selamatkan Warga Tanjungpinang Terseret Ombak saat Berenang di Pantai Trikora

Anggota Polres Bintan usai menyelamatkan korban yang terseret ombak di Pantai Trikora tepatnya di Pantai Serumpun Padi Emas, Bintan pada Rabu (1/1) sekitar pukul 14.30 WIB. F.Polres Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Anggota Polsek Gunung Kijang dibantu Tagana Bintan dan Banpol Polair Polres Bintan berhasil menyelamatkan warga Tanjungpinang yang terseret ombak saat berenang di Pantai Trikora tepatnya di Pantai Serumpun Padi Emas, Bintan pada Rabu (1/1) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kejadian bermula saat korban, Satria, 47, menikmati liburan di Pantai Trikora. Saat berenang, warga Perumahan Griya Permata Permai, Kilometer (Km) 14 Tanjungpinang ini tiba-tiba berteriak meminta tolong karena sudah terseret ombak ke tengah dan sudah jauh dari bibir pantai.

Beruntung, anggota Polsek Gunung Kijang Briptu Ahmad Supandi yang berjaga di Pos Pelayanan Trikora mendengar teriakan korban.

Dibantu petugas Tagana Bintan, Yusri dan Banpol Polair Polres Bintan, Ojan, mereka berusaha mengeluarkan korban dari dalam laut.

“Beruntung anggota kita sigap dan cepat menyelamatkan korban usai mendengar teriakan dari korban,” kata Kapolsek Gunung Kijang AKP Monang P Silalahi.

Setelah berhasil diselamatkan, korban langsung dibawa ke pinggir pantai.

“Petugas medis dari Puskesmas Kawal sudah memberikan bantuan pernapasan dengan oksigen ke korban,” ujarnya.

Setelah kondisi korban membaik, ia mengatakan, pihaknya telah menyerahkan korban ke keluarganya.

Kapolsek Gunung Kijang, AKP Monang P Silalahi mengingatkan pengunjung Pantai Trikora untuk tidak berenang 15 menit sebelum kejadian terseretnya warga Tanjungpinang di Pantai Trikota tepatnya di Pantai Serumpun Padi Emas, Bintan pada Rabu (1/1) sekitar pukul 14.30 WIB. F.Polsek Gunung Kijang untuk Batam Pos.

Dia juga mengatakan, sebelum kejadian dirinya sudah berkeliling ke pantai untuk memberikan imbauan kepada pengunjung Pantai Trikora agar menahan diri untuk berenang mengingat ombak tidak bersahabat.

“15 menit sebelum kejadian, saya sudah mengingatkan pengunjung dengan toa pengeras suara agar tidak berenang,” jelasnya.

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang mengapresiasi kesigapan anggota yang berjaga di Pos Yan Trikora karena telah menyelamatkan nyawa pengunjung yang terseret ombak di Pantai Trikora.

Keberadaan Pos Yan Trikora menurut ia, merupakan salah satu pos yang dibangun Polres Bintan selama Ops Lilin Seligi 2019. Dia menilai keberadaan pos ini sangat penting, mengingat setiap hari libur, banyak pengunjung dari berbagai daerah yang berdatangan ke pantai tersebut.

“Kita bangun pos di Trikora untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,”imbuhnya.

Dikarenakan saat ini cuaca lumayan ekstrem, ia mengimbau kepada pengunjung sebaiknya untuk tidak berenang di pantai.

Kepada pengelola resort ataupun penjaga pantai, ia meminta agar memasang garis aman berenang di pantai atau secepatnya mengingatkan pengunjung agar tidak berenang di pantai ketika melihat cuaca sudah tidak memungkinkan. (met)