Pariwisata

Kunjungan Wisman ke Bintan Tahun 2020 Ditargetkan 900 Ribu

Wisman Berkunjung ke Bintan Selama 2019 Sebanyak 727.526

Plt Gubernur Kepri, Isdianto dan Wabup Bintan, Dalmasri Syam serta GGM PT BRC Abdul Wahab saat menyambut wisman perdana yang berkunjung ke Bintan di Pelabuhan BBT, Lagoi, Rabu (1/1). F.Slamet Nofasusanto / Batam

PRO BINTAN – Kementerian Pariwisata RI menargetkan angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kabupaten Bintan pada tahun 2020 sebanyak 900 ribu wisman.

Kadisbudpar Kabupaten Bintan, Wan Rudy Iskandar mengatakan, angka kunjungan wisman ke Bintan selama tahun 2019 telah melampaui target.

“Target awal 600 ribu wisman, sampai akhir tahun 2019 sudah menembus angka 727.526 kunjungan wisman,” kata Wan Rudy usai menyambut turis perdana di Pelabuhan International Bandar Bentan Telani, Lagoi, Rabu (1/1).

Dari 727.526 wisman, kata ia, wisman terbanyak mengunjungi Bintan ialah wisman Tiongkok dengan prosentase 31,38 persen, wisman Singapura berada di urutan kedua terbanyak yang mengunjungi Bintan dengan prosentase 17,54 persen dan wisman India berada di urutan ketiga dengan persentase 3,55 persen.

“Kemudian ada wisman Jepang 1,83 persen, wisman Australia 1,67 persen dan wisman Malaysia 1,66 persen,” ujarnya.

Di bawah wisman Malaysia, lanjutnya, ada wisman Inggris 1,65 persen, wisman Philipin 1,27 persen dan wisman Prancis 1,11 persen serta wisman Amerika 1,07 persen,” jelasnya.

Selain itu, ada wisman Korea, Jerman, Taiwan, Hongkong dan wisman Belanda dengan persentasi tidak sampai 1 persen.

Dia mengatakan, target kunjungan wisman ke Bintan pada tahun 2020 naik menjadi 900 ribu wisman.

Kendati naik target angka kunjungan wisman ke Bintan, Wan Rudy optimis angka kunjungan wisman ke Bintan akan tercapai pada tahun 2020.

“Insha Allah akan tercapai karena kita akan mengarap wisman Malaysia yang selama ini tidak tergarap,” kata Wan Rudy.

Selain itu, lanjut Wan Rudy, pada 2020, Bandara di Tambelan akan dioperasikan sehingga membuka akses pariwisata ke pulau yang sangat eksotik tersebut.

“Kita berharap Tambelan akan menjadi destinasi baru,” harapnya.

Wabup Bintan Dalmasri Syam mengungkapkan rasa bahagianya. Dia bahkan optimis, perkembangan wisata di Bintan akan semakin maju dan dikenal dunia.

“Sangat bahagia tentunya, atas nama Pemerintah Kabupaten Bintan kami sangat bahagia. Tahun 2019 kunjungan wisatawan melebihi target, 2020 ini kami sangat optimis akan meningkat lagi,” terangnya.

Dalmasri juga mengatakan, saat ini banyak desa wisata yang dikembangkan pemerintah desa bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan swasta.

Ia berharap, keberadaan desa wisata dapat terus dikembangkan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

GGM PT Bintan Resorts Cakrawala (BRC), Abdul Wahab menyampaikan angka kunjungan wisman yang berkunjung ke Bintan telah mencapai target bahkan lebih dari target.

Untuk meningkatkan angka kunjungan wisman, ia menyampaikan, pihaknya komitmen membangun infrastruktur bandara di Busung, Seri Kuala Lobam.

“Kita targetkan 2022 mulai beroperasi, dan kita perkirakan sebanyak 500 ribu wisman akan melalui bandara ini,” ujarnya.

Penyambut kedatangan perdana wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2020 langsung disambut oleh Plt Gubernur Kepri  Isdianto bersama Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam dan GGM PT. BRC Abdul Wahab serta unsur FKPD lainnya.

Diawali dengan pemakaian tanjak sebagai ciri khas tanah Melayu, kemudian wisatawan disambut dengan tari persembahan yang melahirkan decak kagum bagi wisatawan yang berkunjung.

Wisman pertama yang menginjakkan kakinya di Bintan pada penyambutan tersebut ialah wisman asal Amerika bernama Jhon dan Shelley Barret.

Seorang wisatawan asal Argentina, Alicia  menyatakan antusiasnya yang begitu besar.

“Saya kagum dengan penyambutan ini. Ada tari tradisional, semuanya bagus. Saya tidak sabar ingin mengeksplor Pulau Bintan,” ujarnya dengan gembira. (met)