Metro Bintan

Kapal RoRo KMP Bahtera Nusantara 1 Tiba di Tanjunguban, Segera Layani Tanjunguban-Tambelan

Kapal RoRo baru, KMP Bahtera Nusantara 1 tiba di pelabuhan ASDP Tanjunguban, Sabtu (4/1) dan saat ini bersandar di dermaga PPLP Tanjunguban. F.ASDP untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Kabar gembira bagi masyarakat Tambelan, Bintan. KMP Bahtera Nusantara 1 pabrikan galangan kapal PT Mariana Bahagia Palembang telah tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

Kapal tersebut akan melayani pelayaran lintasan Tanjunguban-Tambelan dan sebaliknya. Selain itu, kapal baru tersebut juga akan melayani pelayaran lintasan Tanjunguban-Matak dan sebaliknya.

Supervisi ASDP Tanjunguban, Astuni membenarkan kapal baru dari Kementerian Perhubungan tersebut telah selesai dan tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

“Semalam (Sabtu) sudah di pelabuhan ASDP Tanjunguban,” kata Astuni.

Dia mengatakan, kapal tersebut akan segera melayani lintasan Tanjunguban-Tambelan dan sebaliknya.

Hanya saat ini, pihak ASDP masih menunggu serah terima dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat).

“Masih belum serah terima dari Dirjen Hubdat. Kemungkinan bulan depan (Februari) sudah beroperasi,” kata Astuni.

Sekedar diketahui kapal ini memiliki panjang lebih kurang 71.92 meter dengan lebar sekitar 14.00 meter dan sarat kapal 3.28 meter.

Diberitakan sebelumnya, kapal perintis ini awalnya akan melakukan pelayaran lintasan Tanjungpinang-Tambelan. Namun mengingat kapal berkapasitas 1.500 GT dan alur dangkal di pelabuhan ASDP Dompak, Tanjungpinang sehingga lintasan pelayaran kapal RoRo dialihkan ke lintasan Tanjunguban-Tambelan. (met)