Peristiwa

Sedihnya, Penyu Terlilit Jaring dan Berlumuran Limbah Minyak Hitam Terdampar di Pantai Lagoi

Tim Conservation Lab Banyan Tree Bintan menyelamatkan seekor penyu hijau (Chelonia mydas) yang terdampar di Pantai Banyan Tree, Lagoi, Minggu (5/1). F.Banyan Tree Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Seekor penyu sisik (hawkbill) terdampar di pantai Club Med, Kawasan Wisata Bintan Resorts Lagoi, Bintan, Senin (6/1) pagi.

Penyu dengan bobot sekitar 5 Kilogram (Kg) ditemukan dalam kondisi mengenaskan dengan tubuh terlilit jaring ikan dan tempurung dipenuhi dengan limbah minyak hitam (sludge oil).

Supervisor Landscape and Gardener Club Med, Eddy Soesanto mengatakan, saat itu dirinya melihat benda dengan tumpukan hitam terdampar di pantai.

Ketika didekati, dia melihat penyu berukuran kecil dalam kondisi sakit karena terlilit jaring ikan dan tempurungnya berlumuran minyak hitam.

Dia kemudian melepas lilitan jaring ikan yang melilit tubuh penyu dan membersihkan minyak hitam yang melumuri tempurung penyu.

Setelah itu, penyu dengan panjang 35 sentimeter dan lebar sekitar 30 sentimeter dilepaskan ke bibir pantai.

Sebelumnya pada Minggu (5/1) sekitar pukul 14.30 WIB, Tim Conservation Lab Banyan Tree Bintan menyelamatkan seekor penyu hijau (Chelonia mydas) dengan panjang 53 sentimeter, berat 7.5 Kg.

Supervisor Landscape and Gardener Club Med, Eddy Soesanto saat menyelamatkan seekor penyu yang terlilit jaring dan berlumur limbah minyak hitam di pantai Club Med, Lagoi, Senin (6/1) pagi. F.Kiriman Eddy untuk Batam Pos.

Penyu ditemukan terdampar di pantai Banyan Tree Bintan, dalam kondisi mengenaskan dengan kondisi terjerat jaring, dan seluruh badannya tertutup minyak hitam.

“Kita bantu melepas jerat dan membersihkan badannya,” kata CSR Manager Banyan Tree, Henry Singer saat dihubungi, Senin (6/1) siang.

Setelah pantai bersih dari limbah minyak hitam, penyu tersebut dilepaskan ke bibir pantai.

“Tadi dilepas sekitar pukul 10:30 WIB,” kata dia.

Dikatannya juga saat musim utara ini sudah ditemukan beberapa penyu yang terdampar dengan kondisi terjerat dan terkena limbah hitam di kawasan pantai wisata Lagoi.

Ia mengatakan, Conservation Lab Banyan Tree Bintan dan Safari Lagoi Bintan bekerja sama untuk terus membantu menyelamatkan penyu-penyu yang terkena sampah di lautan, dan minyak hitam.

“Saat ini masih ada satu penyu hijau lagi, masih dalam perawatan. Menunggu sampai pulih betul, sebelum dilepaskan,” tutupnya. (met)