Politik

KPU Bintan Cari 50 Orang Anggota PPK

Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Bintan Syamsul bersama Ketua KPU Bintan Ervina Sari di Kantor KPU Bintan yang terletak di jalan raya Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Toapaya. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bintan tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan mencari 50 orang yang akan dijadikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Untuk diketahui, anggota PPK berjumlah 5 orang setiap kecamatan. Di Kabupaten Bintan ada 10 Kecamatan, sehingga dicari 50 orang anggota PPK Se Kabupaten Bintan.

Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Bintan Syamsul mengatakan,
rekrutmen PPK menurut rencana akan dibuka pengumuman mulai tanggal 15 Januari mendatang. Tujuan dari penerimaan PPK yaitu untuk membantu menyukseskan Pilkada Bintan tahun 2020.

Dia menjelaskan, saat seleksi nanti, pihaknya akan melihat rekam jejak, integritas, kapasitas, dan keahlian, serta variabel lain. Termasuk salah syarat untuk menjadi calon PPK tidak menjadi tim kampanye peserta pemilihan.

“Kalau syarat lain harus WNI, berusia paling rendah 17 tahun, setia pada dasar negara, memiliki integritas, tidak menjadi anggota partai politik minimal 5 tahun, domisili dalam wilayah kerja tempat calon PPK, sehat dan bebas napsa, pendidikan paling rendah SMA atau sederajat,” jelasnya.

Terkait informasi dan persyaratan Pendaftaran Calon PPK, KPU Bintan selain menyiapkan tempat pendaftaran langsung di sekretariat KPU Bintan, masyarakat bisa akses langsung melalui Laman resmi KPU Bintan.

Sesuai PKPU 16 tahun 2020 tentang jadwal, tahapan dan program Pilkada Bintan 2020, masa jabatan PPK selama 9 bulan, mulai tanggal 1 Maret hingga 30 November 2020.

“Dari masa kerja 9 bulan tentu harus manfaatkan momentum perekrutan ini untuk memiliki SDM PPK yang dapat menjamin proses dan hasil pilkada berkualitas,” harapnya.

Sementara Kordiv SDM Bawaslu Bintan, Ondi Dobi Susanto mengatakan, pihaknya akan mengawasi perekrutan PPK yang akan dibuka KPU Bintan.

Selain mengawasi perekrutan PPK, Bawaslu Bintan juga akan melaksanakan sosialisasi Pilkada Bintan 2020 ke masyarakat.

“Kita harapkan dari sosialisasi ini, masyarakat bisa ikut mengawasi proses Pilkada nanti,” harapnya. (met)