Ragam

Musim Durian Tiba, Pedagang Durian Mulai Bermunculan di Jalan Lintas Barat

Pengunjung saat memilih durian yang dijajaki pedagang durian di jalan raya Lintas Barat, Bintan. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Musim durian sudah tiba di Bintan. Terlihat dari beberapa pedagang durian yang bermunculan dan membuka lapak di jalan raya Lintas Barat, Bintan.

Salah seorang pedagang durian, Acoi mengatakan, buah durian yang dijualnya merupakan panen buah durian dari kebun warga yang berada di Gunung Bintan.

Beragam jenis durian khas Bintan yang dijual mulai durian susu, durian cempaka belimbing, durian telur, durian daun dan durian jantung.

Pembeli buah durian di lapaknya, kata dia, sebagian besar warga yang berlibur saat melintas di jalan tersebut meskipun ada juga warga yang tinggal dan bekerja di sekitar perkantoran Kantor Bupati Bintan di Bintan Buyu.

“Sebagian besar pembeli yang mampir mencari durian daun, karena rasanya yang berbeda,” katanya.

Hanya saat ini, durian yang banyak dijual di lapaknya ialah durian cempaka seharga Rp 45 ribu sekilo dan durian susu seharga Rp 35 ribu per kilogram.

“Saat ini memang lagi banjir durian susu. 1 hari saya bisa menjual 100 hingga 150 kilogram dan musim durian saat ini bisa dapat Rp 1 juta perhari,” katanya.

Seorang pembeli, Iwan mengatakan, dirinya warga Tanjungpinang yang bekerja di Kantor Bupati Bintan sengaja membeli durian di lapak yang ada di jalan Lintas Barat.

Menurutnya, durian tersebut berasal langsung dari kebun warga yang ada di Gunung Bintan.

“Ya datang langsung ke sini untuk mendapatkan durian yang menjadi ciri khas Bintan,” tutupnya. (met)