Kabar Pemkab

SMKN 1 Seri Kuala Lobam Panen Perdana Ratusan Ekor Ikan Kakap Putih dan Kerapu Cantrang

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam bersama Kadis Pendidikan Kepri, Muhammad Dali dan Kepala SMKN 1 Seri Kuala Lobam Erdatati melakukan panen perdana ikan kerapu cantrang dan ikan kakap putih di keramba apung perairan dekat sekolah tersebut Senin (13/1) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – SMKN I Seri Kuala Lobam bersama Koperasi Marine Agri Sejahtera menggelar panen perdana sekitar 800 ekor ikan campuran ikan kerapu cangkang dan ikan kakap putih dengan total bobot lebih kurang 600 kilogram di keramba apung perairan dekat sekolah tersebut Senin (13/1) siang.

Panen perdana dihadiri Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam dan Kadis Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Muhammad Dali serta Kabid Perikanan Buddiaya DKP Kepri, Ulia Fachmi.

Kepala SMKN 1 Seri Kuala Lobam, Erdatati mengatakan, keberhasilan panen perdana ini berkat kolaborasi antara sekolah, akademisi, pemerintah dan kelompok masyarakat dimulai pembenihan pada Maret 2019.

Erdatati berharap, budidaya ini melatih keahlian siswa sesuai kompetensinya agar ke depannya bisa mengembangkan bisnis budidaya ikan air tawar dan laut.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi modal bagi siswanya yang kelak ingin usaha ketika kembali ke daerahnya. Karena siswa di sini bukan hanya berasal dari Bintan, namun ada dari daerah lain,” kata Erdatati.

Pengurus Koperasi Marine Agri Sejahtera, Imam Kadarisman mengatakan, ikan yang berhasil dipanen perdana sekitar 800 ekor dengan total berat sekitar 600 Kilogram.

“Harganya kalau kakap putih di pasaran sekitar Rp 70 ribu per kilogram,” kata dia.

Ia menargetkan 500 keramba apung ikan kakap putih di kawasan perairan di Kepri, meskipun saat ini baru sekitar 30 keramba apung.

Bila target tercapai, ia optimis dalam 3 tahun, Kepri akan menjadi penghasil kakap putih terbesar di Indonesia.

“Pangsa pasarnya sangat terbuka lebar, Australia butuh 30 ton kakap putih, belum Amerika, Arab dan negara lain. Kalau pasar lokal, Jakarta itu butuh 100 sampai 200 kilogram per hari,” kata Imam.

Oleh karena itu, menurut Imam diperlukan dukungan semua pihak untuk mewujudkannya.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam menyampaikan, terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Kepri, baik Dinas Pendidikan dan Dinas Kelautan Perikanan Kepri dan akademisi dari Undip dan Koperasi Marine Agri Sejahtera yang sudah memberikan perhatian terhadap pembangunan perikanan di Kabupaten Bintan.

“Kita Pemkab Bintan mendukung kegiatan budidaya ini dan berharap ini dijadikan percontohan di Kepri,” harapnya.

Selain panen perdana, pada saat itu ditebar juga bibit ikan kakap putih. Penebaran bibit dilakukan Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam dan Kadis Pendidikan Kepri, Muhammad Dali. (met)