Peristiwa

4 Hari Kedepan, Warga Bintan Diminta Waspada Potensi Hujan Deras

ilustrasi

PRO BINTAN – Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca buruk di sejumlah daerah termasuk di Kepulauan Riau.

Curah hujan dengan intensitas deras yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Kepulauan Riau (Kepri) termasuk Kabupaten Bintan pada 20-23 Januari 2020.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan, berdasarkan data terkini BMKG, akan terjadi hujan dengan intensitas deras yang dapat disertai petir dan angin kencang dalam empat hari ke depan, mulai 20 sampai dengan 23 Januari 2020 di Kepulauan Riau.

Oleh karena itu, Boy mengingatkan agar masyarakat Bintan meningkatkan kewaspadaan dalam empat hari ke depan.

“Kondisi ini diperkirakan akan terjadi empat hari ke depan,” kata Boy.

Boy juga meminta jajarannya untuk siap siaga dalam menghadapi bencana.

Lanjut Boy, jajaranya diharapkan memprioritaskan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana misalkan rawan banjir dan rawan longsor.

“Ingatkan warga agar meningkatkan kewaspadaan. Bagi masyarakat yang melakukan aktivitas di laut diingatkan juga agar waspada karena dikhawatirkan gelombang tinggi yang dapat menerjang,” imbuhnya.

Dalam situs resmi BMKG, curah hujan tinggi diakibatkan sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. (met)