Kabar Pemkab

Dalmasri Resmikan Kantor Disdukcapil Bintan di Bintan Buyu

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam meninjau Kantor Pelayanan Disdukcapil Bintan yang baru diresmikan di Kompleks Perkantoran Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, Rabu (23/1) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam meresmikan Kantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan di Kompleks Perkantoran Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, Rabu (23/1) siang.

Kantor pelayanan ini menempati gedung eks-Satpol PP Bintan.
Dalmasri Syam mengatakan, diresmikannya kantor pelayanan ini merupakan suatu komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Bintan dalam memangkas alur pelayanan.

Dia berharap, diresmikannya kantor pelayanan ini membuat masyarakat bisa lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan, termasuk pencatatan kependudukan.

Dalmasri juga menambahkan bahwa pemindahan pemusatan pelayanan catatan kependudukan ini merupakan kelanjutan dari pemusatan Pemerintahan di Bandar Seri Bentan.

“Di sini sudah bisa pelayanannya, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh mengurus,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama pencatatan akte kelahiran antara Disdukcapil Bintan bersama Dinkes Bintan dan 15 UPTD Puskesmas di 10 Kecamatan.
Disdukcapil Bintan juga melaunching Layanan Berbasis Online.

Kepala Disdukcapil Bintan. Ismail menerangkan pihaknya terus berinovasi untuk kemudahan pelayanan. Diluncurkannya pelayanan administrasi kependudukan berbasis online ini merupakan hal yang telah lama dipersiapkan.

Dia paham geografis wilayah Kabupaten Bintan, ditambah masyarakat Bintan menyebar di setiap wilayah. Jaraknya bahkan bisa puluhan kilometer.

“Kalau bisa online jadi lebih mudah. Sekarang sedang uji coba dan sosialisasi. Kalau sudah berjalan, tinggal diakses, daftarkan terus ikuti panduan di dalamnya,” paparnya.

Terkait pelayanan berbasis online, kata Ismail, masyarakat nantinya akan dapat mengakses melalui smartphone-nya. Setelah dibuka, daftarkan dan pilih kepengurusan yang akan dilakukan. Selanjutnya unggah semua persyaratan yang tertera berbentuk file foto. Semua berkas tersebut akan diverifikasi tim Disdukcapil.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, permintaan akan segera dicetak dan masyarakat langsung datang ke kantor Disdukcapil membawa persayaratan aslinya untuk mengambil surat kependudukan yang telah dicetak.

“Perlu menjadi catatan, persyaratan yang paling terpenting jangan sampai berkas persyaratan yang diunggah bermasalah dan harus benar adanya,” katanya. (met)