Kabar Pemkab

2020, APBDes untuk 36 Desa Se-Bintan Naik Menjadi Rp 115 Miliar

Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Kadis PMD, Ronny Kartika (kiri) dan Kepala BKPSDM Bintan, Irma Annisa. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2020 untuk 36 desa se-Kabupaten Bintan mengalami kenaikan sekitar Rp 12 miliar menjadi sekitar Rp 115 miliar.

Sebagaimana diketahui tahun 2019 APBDes untuk 36 desa Se-Kabupaten Bintan sekitar Rp 103 miliar lebih.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan APBDes yang dikucurkan tahun ini sebesar Rp 115 miliar lebih.

Angka itu berasal dari Dana Desa (DD) yang dialokasikan melalui APBN sekitar Rp 39,5 miliar, Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Bintan sebesar Rp 61,8 miliar lebih serta Alokasi Bagi Hasil Pajak dan Retribusi sebesar Rp 14 miliar lebih.

“Tahun 2020 ini kembali naik, total nilai APBDes mencapai Rp 115 miliar lebih,” ujar Apri, Minggu (26/1) pagi.

Dengan kenaikan ini, hampir setiap desa di Bintan akan memiliki nilai kas mencapai Rp 3 miliar lebih bagi pembangunan desa.

Oleh karena itu, ia meminta kades agar memperhatikan kualitas belanja,  indikatornya program kegiatan harus memiliki sasaran dan memberikan efek positif bagi masyarakat.

Satu lagi, ia juga mengingatkan agar program-program desa harus selaras dan sejalan dengan program di tingkat pemerintah daerah, sehingga apa yang tidak tertampung di APBD bisa tertampung di APBDes.

Sementara itu, Kadis PMD Bintan Ronny Kartika mengatakan pemerintah desa hendaknya bisa memprioritaskan pengembangan ekonomi dan sumber daya manusia selain infrastuktur.

“Agar desa mampu memberdayakan ekonomi masyarakat juga. Sehingga semuanya yang dilakukan dengan dana itu pro terhadap masyarakat,” tutupnya. (met)