Metro Bintan

Exercise ISPS Code Table Top Sukses Digelar di Integrated Terminal Pertamina Tanjunguban

Foto bersama peserta Exercise ISPS Code Table Top Sukses. Kegiatan ini dilaksanakan di Integrated Terminal Pertamina Tanjunguban, Jumat (24/1) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN РKapal tanker MT Gas Indonesia yang sedang sandar dan melakukan kegiatan bongkat muatan di jeti 2 Terminal Pertamina  Tanjunguban dibajak. Beruntung, aksi ini cepat ditangani. Kawanan perompak berhasil dilumpuhkan.

Pembajakan ini merupakan simulasi Exercise Table Top ISPS Code yang digelar  Pertamina Tanjunguban di Terminal Khusus (Tersus) Integrated Terminal Tanjunguban, Jumat (24/1) pagi.

PFFO Integrated Terminal Tanjunguban, Capt Hariyadi mengatakan, kegiatan ini merupakan simulasi untuk menyiapsiagakan unsur keamanan agar tanggap darurat ketika terjadi potensi ancaman di lingkungan kerja Terminal Pertamina Tanjunguban.

“Latihan ini untuk menyiapkan unsur keamanan bilamana terjadi potensi ancaman misalkan ada ancaman perompakan, sabotase kapal, demo dan lainnya,” jelasnya.

Latihan ini juga untuk pemenuhan compliance SOCPF dan implementasi ISPS Code, pemenuhan persyaratan izin operasi tersus.

Lebih jauh, kata dia, kegiatan ini dimaksudkan untuk uji coba keandalan prosedur, peralatan dan kesiapan personel terhadap rancangan keamanaan fasilitas pelabuhan (Port Facility Security Plan/PFSP).

“Ya ini juga uji coba system manajemen pengamanan Pertamina dan pemenuhan persyaratan perlindungan lingkungan maritim,” jelasnya.

Exercise Table Top ISPS Code ini, dilaksanakan selama dua hari sejak Kamis (23/1) pagi di Terminal Pertamina Tanjunguban.

Hari pertama, peserta yang terlibat latihan fokus pada ISPS Code. Sedangkan hari kedua fokus pada implementasi di lapangan.

Adapun peserta Exercise Table Top ISPS Code sekitar 63 orang dari karyawan PT Pertamina Persero, dan pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Tanjunguban, aparat TNI AL, aparat Satuan Polairud Polres Bintan, pegawai Bea Cukai, pegawai Karantina, pegawai Imigrasi dan pegawai Pelindo. (met)