Metro Bintan

Ajak Siswa Hidup Sehat, Satbinmas Polres Bintan Sambangi SDN 001 Tanjunguban

KBO Satbinmas Polres Bintan, Iptu Zulkarnain memberikan penjelasan tentang pola hidup sehat ke siswa SDN 001 Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Selasa (28/1) siang. F.Satbinmas Polres Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Satbinmas Polres Bintan menyambangi siswa SDN 001 Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Selasa (28/1) siang.

Dalam kegiatan itu, Satbinmas mengajak siswa untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga lingkungan.

KBO Satbinmas Polres Bintan, Iptu Zulkarnain mengatakan, saat ini penyakit flu mematikan yang ditularkan virus corona sedang mewabah di Wuhan, China.

“Virus mematikan ini sudah menjadi perhatian dunia,” kata dia.

Kabupaten Bintan, lanjutnya, yang bertetangga dengan negara Singapura yang banyak turis dari mancanegara masuk ke Bintan melalui negara tersebut juga harus diwaspadai penyebaran virus ini.

Oleh karena itu, dia mengimbau ke masyarakat melalui siswa sekolah untuk lebih waspada dan berhati-hati dan mengantisipasi terjangkitnya penyakit tersebut.

“Sengaja kita sampaikan ke anak-anak agar nanti disampaikan ke orangtuanya juga akan bahaya virus ini,” kata dia.

Kepada siswa, kata dia, Satbinmas mengajak untuk menjaga kondisi tubuh agar senantiasa bugar dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga teratur serta istirahat yang cukup. Hindari berinteraksi langsung dengan orang yang terindikasi terjangkit penyakit saluran pernapasan.

Bagi yang mengidap penyakit pada saluran pernapasan seperti flu atau batuk, ia meminta untuk beretika saat batuk dan bersin. Seperti tidak batuk atau bersin menghadap ke orang lain atau diusahakan menutup mulut dengan tisu atau lengan baju.

“Sangat disarankan untuk menggunakan masker, serta segera berkonsultasi dengan pihak medis untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan,” kata dia.

Terkait berita-berita yang tersebar baik di media sosial, ia meminta masyarakat untuk bijak memilah dan senantiasa mengkroscek kebenaran berita tersebut kepada pihak yang berwenang.

“Karena saat ini ada beberapa berita hoax yang tersebar mengenai wabah virus corona tersebut yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang kemungkinan bertujuan untuk menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat,” kata dia.

“Hendaknya informasi-informasi tersebut kita tanggapi dengan bijak, tidak panik melainkan menjadikan kita semakin waspada,” harapnya.

Adapun kegiatan tersebut juga dilaksanakan pembagian brosur imbauan cegah virus Corona dan pemeriksaan kesehatan secara umum oleh personel Urkes Polres Bintan. (met)