Metro Bintan

Tarif RoRo KMP Bahtera Nusantara 01 Sedang Digodok

GM PT ASDP Cabang Batam, Arifuddin saat meninjau salah satu ruang kontrol KMP Bahtera Nusantara 01 saat sandar di pelabuhan bongkar muat Dishub Kepri di Kampung Mentigi, Tanjunguban, Kamis (30/1) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Tarif kapal RoRo KMP Bahtera Nusantara 01 yang melayani pelayaran lintasan Tanjunguban-Tambelan dan sebaliknya serta lintasan Tanjunguban-Matak dan sebaliknya masih digodok.

“Kita masih menunggu berita acara serah terima dari Kementerian. Kita juga menunggu tarifnya yang masih digodok Pemprov,” ujar General Manager (GM) PT ASDP Cabang Batam, Arifuddin TS saat meninjau kapal RoRo KMP Bahtera Nusantara 01 yang sandar saat uji coba dermaga pelabuhan bongkar muat Dishub Kepri di Kampung Mentigi, Tanjunguban, Kamis (30/1) siang.

Kapal yang dibuat di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) ini, menurut dia, spesialis kapal yang akan melayani masyarakat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Lintasan yang akan dilayani dari Tanjunguban-Tambelan dan sebaliknya dan Tanjunguban-Matak-Natuna-Serasan-Sintete dan kembali ke Tanjunguban.

“Kapal ini homebasenya di Tanjunguban,” ujarnya.

Dikatakannya uji coba sandar kapal sudah dilakukan hampir sebulan lalu di dermaga Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

“Sudah uji cobanya sudah sebulan lalu. Kalau sekarang ini uji coba dermaga pelabuhan milik Dishub Kepri.

Diberitakan sebelumnya, kapal dengan panjang lebih kurang 71.92 meter dengan lebar sekitar 14.00 meter dan sarat kapal 3.28 meter tiba di perairan Tanjunguban pada Sabtu (4/1).

Kapal ini memiliki kapasitas 378 orang penumpang dengan rincian penumpang kelas tidur 12 orang, penumpang dek tidur 90 orang, penumpang dek kursi baring 172 orang, penumpang daylight 104 orang.

Sedangkan kendaraan dapat menampung truk besar 18 T 14 unit, 12 unit truk medium dan 10 unit sedan/SUV/MPV. (met)