Metro Bintan

Kunjungi Kawasan BIE Lobam, Menteri Airlangga Ingin Revitalisasi Batam-Bintan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto didampingi Presdir PT BIIE, Frans Gunara saat meninjau lokasi persiapan pembangunan Bandara International Bintan di Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE) Lobam, Jumat (31/1) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto meninjau kawasan Bintan Industrial Estate (BIE), Lobam di kawasan tersebut pada Jumat (31/1) siang.

Kunjungan diawali salat Jum’at di Masjid Nurul Iman, Lobam. Rombongan kemudian melaksanakan rapat tertutup di wisma PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Lobam.

Usai rapat, Menteri Airlangga menuliskan sesuatu kesan atas kunjungannya di kawasan industri Lobam. Airlangga juga meninjau lokasi persiapan pembangunan Bandara International Bintan.

Turut hadir Presdir PT BIIE Frans Gunara, dan General Manager PT BIIE Aditya Laksamana.

Menteri Airlangga menyampaikan  kawasan Batam, Bintan dan Karimun memiliki potensi untuk direvitalisasi.

Menangkap potensi itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI sedang melakukan kajian sekaligus evaluasi kerja.

Airlangga berharap revitalisasi ini bisa meningkatkan jumlah investasi dan jumlah kunjungan turis ke Batam dan Bintan.

Terlebih saat ini juga sedang dilakukan kajian pembangunan jembatan Batam Bintan (Babin).

“Seluruhnya kita evaluasi, Batam dan Bintan diharapkan menjadi pusat ekonomi digital termasuk data central,” kata Airlangga.

Terkait pengabungan kawasan FTZ di Kepri, termasuk BP Batam, apakah nanti jabatan kepala dijabat pejabat pusat atau walikota?

“Pejabatnya sama, walikota,” jawab Airlangga. Terkait hal ini, Airlangga menegaskan pembahasannya sudah final.

GM PT BIIE, Aditya Laksamana menjelaskan dalam rangka menarik investasi ke dalam Kawasan BIE, pihaknya rutin mengikuti beberapa gelaran bertaraf internasional.

Diantaranya gelaran Halal Expo di Tokyo, Jepang hingga yang terbaru akan mengikuti gelaran Premium Food Show 2020, Jepang.

“Rencananya April akan mengikuti Hannover Messe 2020 di Jerman,” kata Aditya menambahkan gelaran ini merupakan pameran tahunan terbesar di bidang teknologi industri.

Kunjungan Menteri Airlangga Hartarto, menurut dia, sebagai upaya untuk memberikan dukungan sekaligus meninjau kesiapan pembangunan Bandara Internasional Bintan.

Terkait rencana pengabungan FTZ di Kepri, Aditya menyambut baik. Dia bahkan berharap rencana ini segera diimplementasikan.

“Harapan kita cepat memberikan solusi dari permasalahan perizinan. Yang berhubungan dengan arus barang bisa dijalankan dengan baik dan tidak ada kendala waktu,” kata Aditya.

“Supaya BP Bintan seperti sama dengan di Batam, semua permasalahan bisa diatasi dengan cepat,” harapnya.

Dikatakannya juga New Development yang telah dicanangkan oleh BIIE dengan terobosan pengembangan Offshore Marine Center, Halal Hub, E-Commerce dan Aerospace Industry serta MRO (Maintenance Repair dan Overhaul) Facility.  Untuk itu dukungan pemerintah sangat dibutuhkan dalam mewujudkan peluang-peluang usaha tersebut. (met)