Politik

142 Calon PPK di Bintan Ikut Ujian Tertulis

Para peserta mengikuti ujian tertulis calon anggota PPK di Rumah Pintar Pemilu Kantor KPU Bintan, Ceruk Ijuk, Toapaya, Minggu (2/2). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN РSebanyak 142 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Bintan mengikuti  ujian tertulis.

Ujian dilaksanakan di Rumah Pintar Pemilu Kantor KPU Bintan, Ceruk Ijuk, Toapaya, Minggu (2/2).

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay mengatakan setelah lulus administrasi, peserta mengikuti ujian tertulis. Dari 142 peserta ujian tertulis, KPU Bintan akan memilih 50 peserta untuk 10 kecamatan karena setiap kecamatan akan diterima 5 PPK.

Setelah ujian tertulis, para peserta yang lulus akan mengikuti ujian wawancara yang diselenggarakan pada 9-11 Februari 2020.

Haris menambahkan pihaknya juga membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap rekam jejak dan integritas calon PPK.

Dengan seleksi terbuka tersebut, Haris berharap pihaknya mendapatkan penyelenggara yang memiliki pemahanan dan integritas yang baik.

“Selain ujian tertulis dan wawancara, masukan dan tanggapan masyarakat menjadi faktor penentu kelulusan calon PPK,” tutup Haris.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan, Febriadinata mengatakan, pengawasan ujian tertulis calon anggota PPK sudah menjadi tugas dan fungsi Bawaslu.

“Pengawasan ini kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan peserta yang bekerjasama dalam mengerjakan soal,” kata dia.

Seleksi tertulis dihadiri KPU Provinsi, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Bintan untuk memantau kelancaran pelaksanaan ujian. (met)