Metro Bintan

Festival Jong Race Utara di Pantai Keter

Akan Dimeriahkan Ratusan Jong

Sejumlah warga menyaksikan festival jong race utara yang dilaksanakan di Pantai Keter, Tembeling Tanjung, tahun lalu. F.Disbudpar Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bintan akan kembali menggelar Festival Jong Race Utara di Pantai Keter, Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan.

Festival ini akan dilaksanakan pada 14 sampai dengan 16 Februari mendatang.

Kadisbudpar Bintan, Wan Rudy Iskandar mengatakan, Festival Jong Race Utara di Pantai Keter sudah menjadi agenda pariwisata di Bintan. Tujuannya selain melestarikan budaya juga untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Ketua Panitia Pelaksana Festival Jong Race Utara di Pantai Keter Tembeling Tanjung, Muhammad Nur, mengatakan ada ratusan peserta yang akan mengikuti lomba Festival Jong Race Utara tersebut.

Festival tradisional ini menurutnya, sangat menarik karena hanya dapat ditemui di kawasan Riau Kepulauan.

Sejumlah warga menyaksikan festival jong race utara yang dilaksanakan di Pantai Keter, Tembeling Tanjung, tahun lalu. F.Disbudpar Bintan untuk Batam Pos.

Selain memperlombakan jong, festival ini juga akan dimeriahkan permainan rakyat dan festival dangdut. Permainan rakyat mulai lomba panjat pinang di air dan gebuk bantal.

“Kita laksanakan di hari ketiga, malamnya diakhiri festival dangdut, ”jelasnya.

Dia berharap, festival ini bisa melestarikan permainan Jong yang menjadi budaya turun temurun masyarakat Melayu.

“Kita juga ingin daerah kita berkembang menjadi destinasi wisata di Bintan, ”tutup dia. (met)