Metro Bintan

Sejumlah Hotel dan Resort di Trikora Paling Terasa Dampaknya

Wisman China Turun Drastis

Kadisbudpar Bintan, Wan Rudy Iskandar. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN РKadisbudpar Bintan, Wan Rudy Iskandar mengatakan, dampak coronavirus yang menyebar di Cina  membuat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terutama wisman China di Kabupaten Bintan mengalami penurunan yang signifikan.

“Beberapa resort yang ada di pesisir Pantai Trikora yang merasakan besar dampaknya, karena sebagian besar tamunya wisman dari China, “kata Wan Rudy Iskandar ditemui di Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu, Jumat (7/2) siang.

Dia mengatakan, jumlah wisman China tidak masuk lagi sekitar 30 hingga 35 persen di Bintan, sedangkan sisanya masih ada 65 persen wisman lain bukan dari China.

“Hanya yang di Agro Trikora dan sekitarnya wisman China dominan, mereka menurunnya drastis mencapai 90 persen, “katanya.

Bahkan, menurut dia, beberapa resort tersebut melakukan pengurangan pekerjanya.

Tidak hanya itu, sudah ada hotel dan resort yang menurunkan tarif hotel per malam.

“Sudah ada di Lagoi, di Bintan Lagoon Resort. Harga diskon tidak besar tetap masih harga lama juga biasa Rp 2 jutaan lebih kurang 1,4 juta, “ujarnya.

Sedangkan tarif hotel per malam di kawasan pesisir Pantai Trikora, kata dia, saat ini masih digodok.

Selain itu, ia juga mengatakan, pelayaran kapal feri Lagoi – Singapura yang biasanya mengalami penambahan dari 8 trayek menjadi 11 trayek.

Sementara saat ini, lanjut dia, tetap 8 trayek.

“Kalau dulu ada penambahan menjadi 11 trayek, karena wisman China banyak. Kalau sekarang kembali 8 trayek, itu juga jumlah penumpangnya tidak penuh 100 persen, paling tidak 60 persen, “imbuhnya.

Dia mengatakan, untuk mengatasi masalah ini, pihaknya telah meminta ke resort atau hotel untuk menawarkan paket-paket meeting yang bekerja sama dengan lembaga pemerintah.

“Paket-paket meetingnya lagi diatur mereka untuk disampaikan ke kita, “tuturnya.

Selain itu, kata Kadisbudpar Bintan, pemerintah pusat mewacanakan akan memberikan subsidi tiket pesawat khusus ke daerah wisata seperti Batam, Bintan dan Bali untuk menarik wisman ke daerah wisata tersebut. (met)