Kabar Pemkab

Pasarkan Langsung Hasil Tani, Wabup Berharap KTNA Buka Lapak di Pasar

Tinjau Petani Tomat di Kampung Sei Jeram

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam meninjau lahan pertanian di Kampung Sungai Jeram, Lancang Kuning, Bintan Utara, Senin (10/2) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam meninjau lahan pertanian di Kampung Sungai Jeram, Lancang Kuning, Bintan Utara, Senin (10/2) pagi.

Dalmasri melihat langsung lahan pertanian yang berhasil ditanam tomat di Kampung Sei Jeram.

Petani yang berhasil menanam tomat, Misnon mengatakan sampai saat ini dirinya sudah menghabiskan modal sendiri untuk melakukan uji coba menanam tomat sampai dengan panen sekitar Rp 8,6 juta.

“Ya sudah semua, mulai pembelian bibit sampai pupuk kandang, “kata dia.

Sampai saat ini hasil tomat yang berhasil dipanen Misnon sudah mencapai sekira 6 ton.

“Sudah 50 persen panen sekitar 6 ton tomat, “ujarnya.

Misnon berharap pemerintah bisa membantu memasarkan hasil panen tomat petani di Sei Jeram.

“Kalau petani di sini ramai-ramai menanam tomat tentu tomat yang nanti dipanen akan banjir. Pasarnya yang harus diantisipasi ke depan, “kata dia.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengapresiasi petani di Sei Jeram, Desa Lancang Kuning yang sudah berhasil menanam tomat.

Tomat kata dia, sejauh ini masih didatangkan dari luar Bintan, diantaranya dari Medan dan Pulau Jawa.

Dalmasri berharap petani lokal di Kampung Sei Jeram dapat terus mengembangkan tanaman tomat sehingga hasilnya bisa dipasarkan setidaknya mencukupi kebutuhan pasar lokal.

“Saya berharap melalui wadah petani misalkan KNTA bisa membuka lapak di pasar sehingga hasil pertanian dari petani lokal dapat dipasarkan langsung ke pasar, “kata dia.

Dengan salah satu cara itu, dia berharap kesejahteraan petani dapat meningkat.

“Kita siap mendukung pertanian di Bintan, karena Bintan memiliki potensi yang besar akan bidang pertanian, “kata dia. (met)