Kabar Pemkab

Di Tangannya, Ribuan Masyarakat Bintan Merasakan Pendidikan dan Kesehatan Gratis

Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Ketua TP PKK Bintan, Deby Maryanti yang juga Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau menjenguk seorang warga Bintan yang dirawat di rumah sakit. Selama kepemimpinannya, Apri Sujadi sangat konsen salah satunya terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Terhitung 17 Februari 2020, genap sudah Apri Sujadi bersama Dalmasri Syam 4 tahun memimpin Kabupaten Bintan.

Selama kurun waktu 4 tahun, berbagai program masyarakat yang dicetuskan telah banyak meringankan beban masyarakat.

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat ditemui, Minggu (16/2) mengatakan bahwa selama 4 tahun ia telah mengalokasikan anggaran di berbagai bidang bagi kesejahteraan masyarakat.

Bidang kesehatan setidaknya Rp 403 miliar telah dikucurkan dimana melalui program berobat gratis setidaknya sudah melayani masyarakat hingga 150.000 masyarakat.

Bahkan ia juga telah mengcover alokasi anggaran sebanyak Rp 12 miliar lebih bagi membantu 49.728  masyarakat yang tidak mampu membayar BPJS.

Untuk bidang pendidikan, selama 4 tahun, telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 990 miliar lebih dimana setidaknya sudah merehabilitasi sebanyak 252 ruangan kelas SD dan SMP. Lalu melalui program seragam gratis, setidaknya sudah memberikan 21.000 seragam gratis bagi murid baru. Ia juga telah menyediakan sarana bus dan pompong gratis bagi pelajar serta melengkapi infrastruktur sekolah dimana hingga saat ini 35 sekolah setidaknya telah mampu melaksanakan ujian PPDB secara online.

Bagi mahasiswa tidak mampu, hingga kurun waktu 4 tahun, setidaknya sebanyak 351 mahasiswa telah menerima beasiswa.

“Kita banyak terbentur aturan dan kewenangan ketika akan menyalurkan bantuan, khususnya bagi tingkat SMA dan Perguruan Tinggi yang mana kewenangannya ada di Provinsi Kepri. Namun, bagaimanapun selama 4 tahun ini kita tetap berusaha, dan alhamdulillah tercatat 351 mahasiswa yang sudah mendapatkan bantuan dari Pemkab Bintan, kita harapkan tahun 2020 dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Berbagai pembangunan juga telah diwujudkan seperti jembatan Pengujan dan Jembatan Belak yang telah lama menanti akhirnya bisa terealisasi ditangannya.

Selama kurun 4 tahun juga telah membangun infrastruktur lampu jalan sebanyak 3.042 titik yang tersebar di beberapa kecamatan hingga saat ini.

Berbagai kebutuhan bagi daerah pesisir juga mulai terpenuhi, penyediaan kebutuhan listrik bagi Kecamatan Tambelan saat ini sudah beroperasi 24 jam dan sebentar lagi akan diikuti beberapa daerah pesisir lainnya.

Belum lagi Bandara Kecamatan Tambelan dipastikan akan mulai bisa beroperasi di tahun 2020 ini.

Kurun 4 tahun setidaknya, sudah digesa pembangunan sebanyak 1.142 RTLH bagi masyarakat kurang mampu. Dan melalui gagasan program secanting beras saat ini juga sudah membantu sekitar 1.400 masyarakat yang membutuhkan.

Selama 4 tahun memimpin, Apri juga telah berkomitmen dalam menaikkan insentif RT/RW, insentif bagi imam, fardu kifayah, penjaga mesjid, pengelola tpu , insentif tenaga honorer dan lainnya.

Di bidang perikanan dan perdesaan, Apri setidaknya sudah membantu mewujudkan bantuan kapal penangkap ikan sebanyak 152 kapal bagi 314 nelayan.

Lalu kurun waktu 4 tahun juga telah menggesa, pembangunan infrastruktur desa serta memberdayakan BUMDES. Dimana, setidaknya sudah mengucurkan alokasi dana desa yang bersumber dari APBD sebanyak Rp 212 miliar lebih bagi kemajuan desa yang lebih mandiri.

Saat ini progress juga terus berjalan, mewujudkan pembangunan rumah tahfidz, lalu menjalin kerjasama dengan tebu ireng, menutup dua kawasan lokalisasi, serta telah membebaskan lahan bagi pembangunan masyarakat dan langkah-langkah strategis lainnya.

“Kita terus berusaha, saat ini jumlah PAD Bintan juga telah naik sebesar 120 persen dari tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ini APBD Bintan telah mencapai Rp 1,1 triliun lebih naik dibanding tahun-tahun sebelumnya, “tegasnya.

Beberapa langkah kerja keras Apri Sujadi juga sudah banyak menerima berbagai penghargaan untuk tingkat nasional. Ia mampu mempertahankan penghargaan piala adipura untuk 4 tahun berturut-turut.

Atas kerja kerasnya, ia juga telah diganjar tanda kehormatan satyalencana karya bhakti praja nugraha, dan dibawah kepemimpinannya, Kabupaten Bintan saat ini telah menempati ranking ke-7 dari total 397 kabupaten se-Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan. (met)