Metro Bintan

Semarak Gebyar Jalan Santai HKTI Kepri, Dihadiri Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

Plt Gubernur Kepri, Isdianto dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan dan Ketua HKTI Kepri, Alias Wello melepas peserta jalan santai HKTI Kepri di lapangan Relief Antam, Kijang, Bintan Timur, Minggu (16/2). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Ribuan masyarakat BintanĀ  menyemarakkan gebyar jalan santai bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kepulauan Riau (Kepri) yang dipimpin Alias Wello di lapangan Relief Antam, Kijang, Bintan Timur, Minggu (16/2).

Peserta jalan santai dilepas oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan dan Ketua HKTI Kepri, Alias Wello.

Turut hadir Asisten II Setda Provinsi Kepri, Syamsul Bahrum dan Bupati Bintan Apri Sujadi yang hadir di sela-sela acara.

Gebyar jalan santai kali ini dilaksanakan di Bintan. Minggu (9//2) lalu, gebyar jalan santai bersama HKTI Kepri dilaksanakan di lapangan Gedung Nasional, Tanjunguban, Bintan Utara.

Sebelumnya, HKTI Kepri menggelar Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) Kepri di Hotel Comforta, Tanjungpinang, Sabtu (15/2) malam.

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, petani harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

“Petani harus berani bermimpi menjadi kaya. Bagaimana mengali potensi yang dimiliki, “kata dia.

Menurut Moeldoko, Provinsi Kepri memiliki potensi yang sangat besar karena secara geografis dikelilingi beberapa negara yang memiliki pasar besar.

Oleh karena itu, HKTI Kepri harus bisa memberdayakan sumber daya alam dan manusia yang ada, salah satunya dengan memajukan sektor pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga mengajak masyarakat mendukung sejumlah program pemerintah yang diluncurkan pemerintah pusat diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH).

Senada Ketua HKTI Kepri, Alias Wello mengatakan, Kepri memiliki potensi pasar yang besar karena letaknya yang sangat strategis dikelilingi sejumlah negara yang memiliki pasar sangat besar.

Untuk itu, HKTI Kepri terus berupaya melakukan pemberdayaan petani dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

“Saya harap semua pengurus HKTI mendengarkan keluhan dan kesulitan petani, serta terus memotivasi petani untuk memaksimalkan sektor pertanian, “ujarnya.

Sekjen HKTI Kepri, Indra Sudirman mengatakan, dalam Rapimprov HKTI Kepri, dirumuskan berbagai persoalan dan masukan yang menjadi kebutuhan dari sektor pertanian di Kepri yang nantinya akan dibawa dalam musyawarah nasional HKTI.

“Salah satunya terkait market karena Kepri gerbang perbatasan Indonesia dengan negara lain. Kita akan berdayakan dan motivasi petani untuk meningkatkan hasil tani sehingga dapat mencukupi pasar lokal, dan ke depan orientasinya hasil pertanian di Kepri untuk diekspor. Kita berharap Kepri menjadi basis pertanian, “imbuhnya.

Indra Sudirman juga menyampaikan, program pertanian yang sudah berhasil di Lingga di bawah kepemimpinan Ketua HKTI Kepri yang juga Bupati Lingga, Alias Wello akan dibawa ke Bintan.

“Pak Wello sudah banyak menerima pengharhaan. Semoga petani petani Bintan bisa lebih maju, demikian juga petani di daerah lain di Kepri, “jelasnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mendukung program yang dilakukan HKTI Kepri untuk menyejahterakan petani, khususnya di Bintan.

Dia berharap, HKTI Kepri terus memberikan kontribusi yang besar bagi pertanian di Bintan.

Terlihat acara meriah karena adanya doorprize ditambah hiburan artis ibu kota diantaranya Fahmi Bo dan Fairly Watimena.

Bahkan goyangan penyanyi dangdut, Irma Darmawangsa membuat suasana makin meriah.

Dalam gebyar jalan santai HKTI ini, Bupati Bintan Apri Sujadi dan Ketua HKTI Kepri terlihat mesra tampil di atas panggung. Keduanya menyapa warga yang menghadiri acara tersebut.

Bahkan, warga berebutan meminta foto kepada keduanya.

Akhir acara, Alias Wello bersama Apri Sujadi menyerahkan kunci kepada pemenang doorprize 1 unit sepeda motor, Dimas Syahputra, 13.

“Senang dapat motor dari Pak Alias Wello, “ujar siswa SMP di Kijang. (met)