Peristiwa

Tak Berizin, PT MIPI Diminta Hentikan Aktivitas

DPRD Bintan Sidak ke Gudang di Galang Batang

Komisi II DPRD Bintan sidak ke gudang PT MIPI yang tidak memiliki izin karena tidak sesuai tata ruang di Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang, Rabu (19/2). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Komisi II DPRD Bintan melakukan sidak ke gudang PT Mangrove Industry Park Indonesia (MIPI) di Desa Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan, Rabu (19/2) siang.

Pasalnya, perusahaan yang bergerak di bidang ekspor impor tersebut belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) karena tidak sesuai tata ruang.

Ketua Komisi II DPRD Bintan, Fiven Sumanti mengatakan, kedatangannya bukan untuk menghalangi investasi, namun pihaknya menjalankan fungsi pengawasan setelah menerima informasi dari masyarakat.

“Kami tidak menghalangi investasi, namun kami tidak ingin aturan dilanggar, “tegasnya.

Fiven juga meminta ke manajemen PT MIPI agar menghentikan  aktivitas di gudang sampai mengantongi izin.

“Tutup saja dulu sampai izinnya lengkap, “pintanya.

Fiven juga memberikan batas waktu ke PT MIPI selama 1 bulan terkait izin mendirikan bangunan.

“Kita berikan waktu 1 bulan untuk PT MIPI terkait izin tata ruang untuk mendirikan lahan yang peruntukanya bukan industri. Kita akan pantau, “kata dia.

Sementara itu, CEO PT MIPI, Edi Javar mengakui pihaknya belum memiliki izin lokasi usaha yang berada di Galang Batang.

“Kami hanya ada izin ekspor impor dari Kementerian Perdagangan,” katanya.

Terkait hal ini, pihaknya sedang berusaha mengurus izin tersebut dengan berkoordinasi ke Pemkab Bintan dan Kementerian ATR/BPN terkait status lahan yang sudah dibangun. (met)