Peristiwa

Polres Bintan Kampanyekan Helm SNI

Anggota Satlantas Polres Bintan mengampanyekan helm ke pengguna jalan yang tidak menggunakan helm di Tanjunguban, Selasa (25/) pagi. F.Satlantas Polres Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Satlantas Polres Bintan mengkampanyekan penggunaan helm standar nasional Indonesia (SNI) ke pengendara sepeda motor yang melintas di beberapa lokasi di Tanjunguban, Bintan Utara, Selasa (25/2) pagi.

Saat sosialisasi, anggota Polantas Polres Bintan memergoki pengendara sepeda motor yang membonceng anak kecil tidak menggunakan helm.

Terlihat anggota polisi wanita (polwan) berparas ayu itu memberikan nasehat agar pengendara tersebut menggenakan helm demi keselamatan berkendara baik diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Rendi Johan Prasetyo mengatakan, kampanye dilaksanakan di empat lokasi. Yakni di jalan raya Jenderal Sudirman depan SDN 001 / 002, Tanjunguban, jalan raya Permaisuri Simpang Taman Makam Pahlawan Tanjunguban, Jalan Permaisuri Simpang Polsek Bintan Utara dan jalan raya Permaisuri depan SDN 003/004, Tanjunguban.

Dijelaskan Rendi, kampanye ini mengajak pengendara sepeda motor untuk patuh dalam berkendara diantaranya menggunakan helm.

Helm, menurut Rendi, bukan sekedar pelengkap berkendara namun untuk keselamatan.

“Helm ibarat pakaian, baik bagi pengendara sepeda motor maupun sepeda. Kalau tidak digunakan akan sangat memalukan, karena itu etika dan normal orang saat berkendara di jalan,” menurut Rendi.

Dia berharap masyarakat yang masih mengesampingkan keselamatan dengan tidak menggunakan helm, dapat merubah pola pikirnya.

“Jadi mulai sekarang berpikirnya helm harus digunakan saat berkendara. Tidak boleh dilupakan,” kata Rendi.

Dia juga mengatakan, sering menjumpai kasus kecelakaan jalan raya, dimana korbannya mengalami luka parah bahkan meninggal dunia.

Dari pengalaman menangani kasus laka, dia menyebut, rata-rata korban yang mengalami luka parah bahkan sampai meninggal dunia karena tidak menggunakan helm.

“Itu lah, kenapa harus menggunakan helm saat berkendara. Helm itu penyelamat,” jelas Rendi. (met)