Kabar Pemkab

Antisipasi Turunnya PAD karena Corona

Lelang Proyek Fisik Diundur Mei

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat meninjau rencana penataan pedagang di Kijang, Bintan Timur, belum lama ini. F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan menargetkan melakukan pekerjaan lelang fisik pada Mei 2020.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pasca  wabah virus corona yang menyebabkan pendapatan sektor pariwisata berkurang.

Sebagaimana diketahui, 60 persen pendapatan daerah Kabupaten Bintan berasal dari sektor pariwisata. Mengantisipasi hal itulah, Bupati Bintan Apri Sujadi meminta agar Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) segera membuat laporan terkait pengaruh corona terhadap pendapatan daerah, karena menyangkut realisasi pembangunan yang sudah ditetapkan.

“Kita sudah meminta agar TAPD segera membahas dampak pengaruh penurunan wisman bagi pendapatan daerah yang akan berimbas dalam realisasi pembangunan, “kata dia.

Oleh sebab itu, Apri meminta pelelangan kegiatan bisa dilakukan pada Mei 2020. Untuk pelelangan jasa konsultan bisa dilakukan Maret 2020.

“Kegiatan fisik diputuskan mundur dan akan dilakukan Mei 2020 setelah realisasi hasil laporan dari TAPD, “ungkapnya.

“Jangan nanti sibuk dengan pembangunan, sementara realisasi pendapatan daerah berkurang. Jadi harus kita antisipasi sedini mungkin, “tutupnya. (met)