Pariwisata

Efek Karnival Gemilang

Tingkat Hunian Hotel Bintan Lagoon Meningkat

Warga dari berbagai daerah berkunjung dan menikmati fasilitas di hotel berbintang di Bintan Lagoon Resort (BLR) Lagoi sembari menikmati kuliner dari berbagai pelaku usaha UKM dalam acara Karnival Gemilang Bintan Lagoon, Minggu (1/3). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Tingkat hunian hotel Bintan Lagoon Resort (BLR), Lagoi meningkat efek dari digelarnya event Karnival Gemilang Bintan Lagoon yang dilaksanakan di hotel mewah berbintang itu pada Minggu (1/3).

GM Bintan Lagoon, Gerald A Hendrick mengatakan, setelah sukses dengan Karnival Gemilang Bintan Lagoon, BLR kembali menggelar event serupa untuk kali kedua pada Minggu (1/3).

“Sambutannya tetap ramai, “kata dia.

Ke depan, BLR akan kembali membuat event seperti ini untuk mengairahkan pariwisata di Kabupaten Bintan khususnya yang sedang mengalami kelesuan pasca wabah virus corona yang melanda dunia.

“Kita tetap optimis pariwisata di Bintan akan bangkit. Karena kita punya pantai berpasir putih yang indah dan masih banyak fasilitas lain yang menjadi modal pariwisata kita, “kata dia.

Diakui turis asing lebih mengenal Lagoi dan Bintan dibandingkan turis lokal. Dengan kondisi saat ini, dia mengatakan, banyak turis asing menunda bepergian ke luar negeri termasuk keĀ  Lagoi, Bintan. Akan tetapi pihaknya tidak mengalah dengan keadaan.

“Kita harus lebih kreatif dan cepat menangkap peluang pasar wisatawan domestik. Salah satunya dengan mengadakan event Karnival Gemilang ini, “kata dia.

Bicara keuntungan, ia mengakui masih jauh dari keuntungan. Akan tetapi dia merasa senang bisa menghibur masyarakat dan mampu mengerakkan ekonomi melalui pelaku usaha kecil menengah.

“Pelaku usaha kecil menengah yang membuka stan kuliner saat ini ada 35 stan. Jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan acara karnival yang pertama hanya 19 stan,” kata dia.

Selain itu, kata dia, tingkat hunian hotel juga meningkat selama acara ini. Karena BLR memberikan paket khsusus dengan harga murah bagi pengunjung yang menginap selama acara ini dengan harga Rp 850 ribu per malam.

“Tingkat hunian (saat ini) cuma 10 persen tapi dengan adanya paket khusus sejalan acara Karnival Gemilant ini, tingkat hunian meningkat 15 persen menjadi 25 persen, “kata dia.

Dia juga berharap, apa yang dilakukan BLR saat ini bisa juga dilakukan hotel dan resort lain untuk mengairahkan kembali industri pariwisata di Bintan khususnya.

Ketua Kadin Bintan, Edi Surbakti mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan BLR.

Hotel mewah berbintang sekelas BLR, kata dia, mau membuka diri ke masyarakat dengan mengadakan kegiatan ini untuk mengairahkan industri pariwisata.

“Ini sangat luar biasa. Terlebih kuliner yang dijual di stan-stan di sini juga harganya terjangkau, “kata dia.

Selain itu, kegiatan ini juga mampu mengerakkan ekonomi masyatakat melalui pelaku UKM.

“Yang jualan ini pelaku UKM dari Tanjungpinang dan Bintan,” kata dia.

Dia berharap terobosan BLR ini bisa mengugah pihak hotel lain untuk bersemangat menarik lebih banyak wisatawan ke Kabupaten Bintan.

Seorang pengunjung, Ziko Riandy mengucapkan terima kasih ke BLR dan Dispar Bintan yang sudah memfasilitasi destinasi wisata international dibuka untuk umum.

“Ya masyarakat senang bisa berkunjung dan menikmati fasilitas yang ada di BLR,” kata pelaku usaha kuliner di Tanjunguban ini.

Dia berharap, acara seperti ini bisa digelar sebulan sekali untuk masyarakat.

“Oh iya kalau bisa ada jadwalnya agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam acara karnival gemilang ini,” kata dia. (met)