Kabar Pemkab

Pembangunan Sekolah di Bintan

Kemendikbud Transfer Anggaran Rp 30 Miliar Lebih

Bupati Bintan, Apri Sujadi foto bersama siswa usai menyerahkan bantuan seragam sekolah gratis ke siswa SD di Tanjunguban, baru-baru ini. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud) RI  mentransfer anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 30 miliar lebih untuk pendidikan di Kabupaten Bintan.

Kadisdik Bintan, Tamsir mengatakan, anggaran pendidikan itu akan dipergunakan untuk pembangunan fasilitas SD maupun SMP.

“SD mendapatkan alokasi anggaran sekitar Rp 21 miliar lebih, sedangkan SMP mendapat Rp 9 miliar lebih, “ujar Tamsir.

Tamsir mengatakan, DAK pendidikan yang diperoleh Kabupaten Bintan terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Disdik Kabupaten Bintan pada 2017 lalu, DAK pusat yang dikelola Disdik Bintan sekitar Rp 1,1 miliar.

Tahun 2018, Bintan mendapat sekitar Rp 6,1 miliar. Tahun 2019, menjadi sekitar Rp 14 miliar dan saat ini 2020, menjadi sekitar Rp 30  miliar lebih.

DAK ini nantinya akan direalisasikan untuk rehab sekolah, bangun ruang kelas baru, alat-alat pembelajaran sekolah seperti media pembelajaran, alat olahraga, alat laboratorium IPA, buku perpustakaan, komputer, dan rehabilitasi ruang kelas, rumah guru, labor dan perpustakaan.

“Ya, mayoritas untuk fisik sekolah,” tutupnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengapresiasi pusat yang sudah memberikan perhatian lebih terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Bintan.

Ia berharap, dana yang dikucurkan dapat bermanfaat dan membuat dunia pendidikan di Bintan makin maju. (met)