Kabar Pemkab

Apri Tinjau Kelengkapan Peralatan Medis RSUD Bintan

Bupati Bintan, Apri Sujadi meninjau peralatan alat kesehatan di RSUD Bintan. F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bintan masuk dalam daftar rumah sakit terbaik III pelayanan KB pascabersalin secara nasional pada 2018 lalu dan tercatat sebagai Rumah Sakit Ramah Anak tingkat Provinsi Kepri pada tahun 2019.

Suatu hal yang wajar memang, sebab rumah sakit kebanggaan masyarakat Bintan itu semakin berbenah baik dari segi fasilitas, tenaga media hingga pelayanan.

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat melakukan peninjauan sempat mengecek beberapa peralatan medis untuk tenaga spesialis yang ada di rumah sakit.

Menurutnya, peralatan medis yang ada di RSUD Bintan sudah sangat layak dan mampu menangani berbagai perkara medis.

“Pemkab Bintan sangat fokus pada hal ini, Kami ingin RSUD Bintan bisa menangani berbagai persoalan medis sehingga masyarakat kita tidak perlu lagi mengeluarkan dana besar untuk berobat ke tempat lain, cukup di sini saja dengan peralatan medis dan tenaga ahli yang mumpuni hampir di semua bidang, “terangnya.

Apri menambahkan bahwa program kesehatan gratis (berobat gratis dengan KTP) yang menjadi salah satu program unggulan di Bintan, harus didukung dengan sarana dan pra sarana yang terbaik.

Baginya, kemajuan suatu daerah bukan sekedar meningkatkan fasilitas fisik dan kemegahan infrastruktur semata.

“Infrastruktur sehebat apapun kalau masyarakatnya susah mendapatkan hak pelayanan kesehatan, mungkin bisa dibilang itu percuma. Pelayanan kesehatan itu hak dasar setiap masyarakat, “tambahnya usai mengecek peralatan Biomedical Engineering Elektromedik bersama dr. Bambang Karyadi, S.pM.

Sementara itu, Direktur RSUD Bintan, Benni Antony mengatakan bahwa RSUD Bintan untuk tenaga medis sudah dapat dikatakan sangat baik.

Meskipun ada beberapa ahli yang ke depannya akan ditambah, namun tidak bisa dipungkiri jika RSUD Bintan dengan komitmen pemerintah daerah mampu berada pada daftar terbaik.

“Bulan depan rencananya akan ada penambahan spesialis orthopedi. Kemudian secepatnya kita berusaha menghadirkan dokter spesialis bedah syaraf. Spesialis syarafnya kita punya, namun dokter bedahnya secepatnya kita usahakan. Pada prinsipnya perlahan akan dilengkapi semua kebutuhan baik dari segi tenaga medisnya maupun peralatan pendukungnya, “papar Benni.

Tidak dinafikan lagi, RSUD Bintan memang mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat signifikan.
Sejak 2016 lalu, RSUD Bintan terus berbenah, mulai dari penambahan gedung, penambahan tenaga ahli, sarana pelayanan, peralatan medis yang mutakhir dan pemangkasan administrasi demi pelayanan yang maksimal. (met)