Pariwisata

Resmi Diluncurkan, Mandiri Bintan Marathon 2020 Tetap Digelar

Di Tengah Merebaknya Covid-19

GGM PT BRC, Abdul Wahab, Kadisbudpar Bintan Wan Rudi Iskandar, CEO PT Medianusa Permana, Manggara Peranginangin dan CEO Orange Room, Elvin Ting memperkenalkan jersey Mandiri Bintan Marathon 2020 saat diluncurkan di Lagoi Bay, Selasa (10/3). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Event Mandiri Bintan Marathon (MBM) tahun 2020 dipastikan tetap digelar. Event ini menurut jadwal akan dilaksanakan pada 4-5 Juli 2020 di Kawasan Pariwisata Bintan Resort Lagoi.

Kepastian digelarnya event ini setelah PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi kembali mengandeng PT Medianusa Permana dan Orange Room resmi meluncurkan event Mandiri Bintan Marathon 2020 yang memasuki tahun ketiga di Lagoi Bay pada Selasa (10/3) petang.

Peluncuran event tersebut dihadiri GGM PT BRC, Abdul Wahab, Kadisbudpar Bintan Wan Rudi Iskandar, CEO PT Medianusa Permana, Manggara Peranginangin dan CEO Orange Room, Elvin Ting.

GGM PT BRC, Abdul Wahab mengatakan, event kompetisi lari ini tetap dilaksanakan di tengah merebaknya Covid-19.

“Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata mendukung event ini tetap dilaksanakan, “kata dia.

Bahkan untuk keselamatan dan kesehatan peserta Mandiri Bintan Marathon, pihaknya bersama WHO siap mengantisipasi dengan melakukan pencegahan Covid-19.

“Bersama WHO kita siap dalam penanganannya, baik Tour de Bintan dan Mandiri Bintan Marathon, “ujarnya.

Dalam peluncuran itu, Abdul Wahab juga menjelaskan perbedaan event Mandiri Bintan Maraton ketiga dengan tahun sebelumnya, dimana saat ini ada kegiatan lari khusus anak-anak dengan rute 1.2 kilometer (Km) dan 3 km bagi pelari pemula.

“Kita ingin membuka lebih banyak kesempatan bagi para penyuka olahraga lari berpartisipasi termasuk anak-anak, “katanya.

Hal ini sejalan dengan visi dari Bank Mandiri dan pihak penyelenggara.

“Kita ingin mengajak masyarakat di berbagai kalangan untuk aktif berolahraga lari dari sejak usia muda, “kata dia.

Abdul Wahab juga mengapresiasi Bank Mandiri yang kembali memberikan dukungan sebagai sponsor utama kali 2 di tahun ini.

“Bank Mandiri juga menyokong pemberian registrasi bebas biaya bagi peserta anak-anak yang ikut pada pertandingan di tingkat usia anak, “ujarnya.

Kadisbudpar Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan, masyatakat tidak perlu khawatir karena pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan sudah melakukan penanganan Covid-19 dengan sangat baik.

Untuk pelaksanaan event Mandiri Bintan Marathon, dia mengatakan, pihaknya akan rapat bersama Karantina Kesehatan Pelabuhan dan Dinas Kesehatan baik Provinsi dan Kabupaten.

“Kesehatan peserta akan dicek setiap hari. Panitia nanti kita akan minta menyosialisasikan pola hidup sehat. Individu peserta baik kebersihan dan kesehatan juga nanti diperhatikan.Dan akan dilakukan penyemprotan disinfekta di hotel-hotel, “jelasnya.

Dia berharap event ini sukses dan dapat meningkatkan tingkat hunian di Bintan. Kegiatan lari yang lebih bersifat fun bagi peserta usia anak, digelar di hari Sabtu tanggal 4 Juli 2020. Kemudian diikuti pada hari berikutnya yaitu Minggu, 5 Juli 2020 dengan kegiatan kompetisi lari yang utama yaitu Marathon 42.195 km, 21km dan 10km.

Panitia menargetkan 5.000 peserta secara keseluruhan di tahun ini, dengan sekitar 70 persen peserta lokal dan sisanya dari negara lain atau peserta mancanegara. Secara perkiraan, dengan target demikian, maka diharapkan akan ada sekitar 10.000 orang meramaikan Lagoi Bay di Bintan Resorts selama 2 hari. (met)