Kabar Pemkab

Bintan Siap Kembangkan Petani Milenial

Bupati Panen Sayuran di Kampung Sinjang Toapaya

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat panen sayuran di Kampung Sinjang, Kecamatan Toapaya, Selasa (11/3). F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi melakukan panen raya bersama kelompok tani Maju Jaya di Kampung Sinjang, Kecamatan Toapaya, Selasa (11/3).

Berbagai jenis sayuran yang ditanam petani di sini merupakan salah satu pemasok kebutuhan sayur bagi pasaran di Bintan dan Tanjungpinang setiap harinya.

Kelompok tani Maju Jaya bahkan rata-rata memanen 120 kg buncis per hari.

“Kita punya potensi ini, untuk itu lah pemerintah daerah terus berupaya menjadi penopang segala kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi petani,” ujar Apri.

Dikatakan Apri, bantuan pertanian yang diberikan seperti mesin, peralatan, bibit dan pupuk harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Bahkan yang sangat menarik, dirinya menambahkan saat ini pemerintah daerah ingin mengubah pola pikir tentang profesi sebagai petani.

“Selama ini dalam pikiran yang bertani itu orang-orang tua. Padahal ini profesi yang juga menjanjikan jika pengelolaannya serius, “kata dia.

Di Kabupaten Bintan lanjutnya, sekarang ada beberapa anak muda yang bertani dengan lahan yang cukup luas dan mencatat omset yang cukup luar biasa.

“Ini yang ingin selalu kita kembangkan, petani milennial, “tambahnya.

Salah seorang petani Maju Jaya, Slamet, 52, saat berdialog menyampaikan rasa terimakasihnya melihat keseriusan pemerintah daerah dalam membantu petani.

Khusus di Kampung Sinjai dan Kecamatan Toapaya secara umum, para petani merasa sangat bersemangat sebab pemerintah daerah selalu hadir.

“Terima kasih atas bantuan pemerintah daerah, mulai dari bibit hingga pupuk, tiap tahunnya. Kami senang sekali pak, “imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Bintan mengalokasikan bantuan bagi 30 hektare (ha) lahan pertanian di Kecamatan Toapaya pada 2019 lalu dengan total produksi satu tahun sebanyak 20.307,9 ton.
Dan untuk tahun ini, jumlahnya meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Lebih kurang 107 ha lahan pertanian di Kecamatan Toapaya akan menerima bantuan dengan rincian lahan durian seluas 68 ha, lahan bawang merah 12 ha, lahan cabai besar 1 ha, lahan cabai rawit 8 ha, dan lahan sayuran daun seluas 18 ha bagi kelompok tani yang ada. (met)