Peristiwa

12 Wisman Tiba, 7 Orang Berangkat di Pelabuhan BBT Lagoi

Hari Pertama Singapura Lockdown

Penumpang yang akan kembali atau wisata ke Singapura di pintu keberangkatan di Pelabuhan BBT Lagoi, Senin (16/3) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Penerapan lockdown selama dua minggu mulai 17 Maret 2020 dari pemerintah Singapura tidak membuat wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing mengurungkan niat ke Bintan.

Buktinya, hari pertama penerapan kebijakan tersebut pada Selasa (17/3), masih ada turis asing yang keluar dari negara tersebut dan masuk ke Bintan.

Akan tetapi jumlah turis asing yang datang dan berangkat melalui Pelabuhan International Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, Bintan menurun drastis.

Berdasarkan data Imigrasi Klas II TPI Tanjunguban, jumlah kedatangan di Pelabuhan BBT, Lagoi sekitar 12 orang, sedangkan jumlah keberangkatan di pelabuhan yang sama sekitar 7 orang.

“Ada sebagian turis yang masuk, “kata Kasi Informasi Teknologi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Klas II TPI Tanjunguban, Oddy Permana saat dihubungi, Selasa (17/3).

Jumlah penumpang ini menurun drastis dibandingkan sehari sebelumnya, Senin (16/3). Tercatat jumlah kedatangan pada Senin (16/3) sekitarĀ  408 orang penumpang dan keberangkatan sekitar 784 orang penumpang.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Tanjunguban, Fahrin Riza juga membenarkan jumlah penumpang feri Lagoi-Singapura dan sebaliknya menurun.

Fahrin menyebut, penumpang feri MV Aria Bupala yang tiba di Pelabuhan BBT, Lagoi dari Singapura pada Selasa (17/3) sekitar pukul 11.10 WIB berjumlah sekitar 12 orang.

12 orang penumpang itu terdiri dari 1 warga China, 7 warga Singapura, 2 warga Jerman, 1 orang warga Malaysia dan 1 orang warga India.

Sedangkan penumpang yang berangkat ke Singapura dari Pelabuhan BBT, Lagoi pada Selasa (17/3) sekitar pukul 14.35 WIB sekitar 7 orang penumpang terdiri dari 5 warga Singapura dan 2 warga Britain.

Sementara itu di Pelabuhan Domestik Bulang Linggi, Tanjunguban pada Senin (16/3), tercatat jumlah penumpang yang datang sekitar 342 orang sedangkan penumpang yang berangkat sekitar 245 orang.

Pada Selasa (17/3) hingga sekitar pukul 16.30 WIB, jumlah penumpang yang datang sekitar 207 orang sedangkan penumpang yang berangkat sekitar 217 orang. (met)