Politik

Pelantikan 153 Anggota PPS Ditunda

Cegah Penyebaran Covid-19

Komisioner KPU Bintan Haris Daulay. F.Dokumen Pribadi untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Pelantikan 153 Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih Se-Kabupaten Bintan yang dijadwalkan Minggu (22/2) ditunda.

Komisioner KPU Bintan Haris Daulay mengatakan, pelantikan PPS ditunda karena merujuk surat Keputusan dan Edaran KPU sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 179 dan Edaran Nomor 8 Tahun 2020, bukan hanya menunda pelantikan PPS tetapi juga menunda Tahapan Pemilihan seperti pelaksanaan verifikasi syarat dukungan bagi daerah yang memiliki calon perseorangan, menunda Pembentukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) dan menunda Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih.

“Dengan kata lain menunda tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Bintan,” kata Haris.

Haris menambahkan bahwa edaran tersebut sudah tepat guna meminimalisir dan mencegah risiko penyebaran Covid-19 di jajaran KPU Bintan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) khususnya di Kabupaten Bintan.

Disinggung berkenaan dengan batas akhir penundaan tersebut, Haris mengatakan belum pasti dan masih menunggu instruksi lanjutan dari KPU Republik Indonesia.

“Kita menunggu intruksi selanjutnya, mudah-mudahan wabah Covid-19 segera berakhir, “jelas Haris.

Bersamaan dengan penundaan tahapan tersebut, Haris mengatakan pihaknya akan mematangkan persiapan lanjutan pelaksanaan tahapan dengan mengikuti instruksi dan arahan pemerintah dalam upaya memerangi wabah Covid-19.

“Kita sudah mengatur jadwal piket untuk bergantian masuk kantor di Sekretariat KPU Bintan, juga¬† mengimbau jajaran PPK dan PPS menjaga kesehatan dan mengikuti arahan pemerintah untuk membatasi aktifitas diluar rumah, “tutup Haris. (met)