Metro Bintan

Diperiksa Suhu Tubuh

Penumpang di Pelabuhan Sri Bayintan - Kijang

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap penumpang kapal KM Kelud dari Jakarta yang tiba di Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Bintan Timur, Minggu (22/3) pagi. F.Polsek Bintan Timur untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan dan aparat dari Kepolisian Sektor Bintan Timur memeriksa seluruh suhu tubuh penumpang kapal KM Kelud dari Tanjungperiok, Jakarta yang tiba di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Bintan Timur pada Minggu (22/3) sekitar pukul 05.00 WIB.

Pemeriksaan ini dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Indra Utama Tarigan mengatakan, seluruh penumpang kapal KM Kelud yang tiba di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang diperiksa suhu tubuh.

Kemudian petugas juga memberikan hand sanitizer dan brosur imbauan pencegahan penyebaran virus corona ke penumpang.

Semua penumpang yang menjalani pemeriksaan suhu tubuh saat tiba di pelabuhan Sri Bayintan, Kijang menurut dia, sebanyak 142 orang.

Tidak hanya itu, 37 orang penumpang yang naik ke kapal KM Kelud dengan tujuan Batam dan Belawan, Sumatera Utara (Sumut) juga diperiksa suhu tubuh.

Bahkan petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke kapal, lokasi tangga, pintu, ruang tunggu, dan lokasi lainnya yang bersentuhan langsung dengan orang banyak.

“Suhu tubuh semua penumpang yang naik dan turun kapal normal, “kata Indra Utama Tarigan.

Sementara Kapolsek Bintan Timur Kompol Krisna Ramadhani mengatakan kegiatan ini sebagai upaya pencegahan mewabahnya virus corona.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya usaha bersama dalam mencegah corona.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan mengingat pelabuhan adalah jalur keluar masuknya orang dan barang dari berbagai wilayah di Bintan, “ucap dia.

Dia juga mengimbau penumpang yang tiba dari Jakarta di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang juga diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. (met)