Metro Bintan

Camat Woro-woro Keliling Kampung

Sosialisasi Kewaspadaan Covid-19

Camat Bintan Utara, Firman Setiawan saat melakukan sosialisasi kewaspadaan di Pasar Baru Tanjunguban. F.Dokumen Pribadi untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi meminta agar pihak kecamatan segera melakukan koordinasi ke Satpol PP, Dinas Kesehatan serta melibatkan unsur TNI/Polri dalam memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap berada di rumah selama masa isolasi 14 hari guna antisipasi pencegahan merebaknya virus Corona atau Covid-19.

Hal tersebut dikatakannya menyikapi laporan pasca masih ditemukannya warga khususnya pelajar yang berkeliaran dan berkumpul di lokasi-lokasi tertentu.

Para camat menurutnya harus memberikan imbauan kepada warganya untuk mengurangi kegiatan di luar rumah khususnya hal yang tidak begitu penting.

“Sudah saya tugaskan, camat bersama-sama Satpol PP dan unsur TNI/Polri untuk turun langsung mengimbau warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah yang tidak begitu penting, khususnya para pelajar yang kedapatan berkumpul di luar dengan aktivitas yang tidak jelas. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran corona, “ujarnya, Senin (23/3).

Dikatakannya juga, nanti tim yang telah terbentuk tersebut harus melakukan operasi rutin turun ke jalan di jam-jam tertentu.

Pengurangan aktivitas warga di luar rumah tersebut juga dilakukan untuk mengurangi kontak dengan orang banyak, yang bisa berpotensi menularkan virus corona.

Selain itu, ia meminta agar masyarakat juga harus peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan dan keselamatannya, serta aktif melaporkan atau periksakan diri kepada petugas yang ada di wilayah masing-masing.

“Kita harapkan seluruh lokasi wisata dan hiburan untuk dapat menutup aktivitas sementara waktu. Kita semua paham, efek terbesar penyebaran virus adalah ekonomi.

Namun kita harus pahami, bahwa ini menyangkut bukan hanya jiwa kita namun juga jiwa orang banyak, maka diharapkan agar bisa mengisolasi diri untuk sementara waktu di rumah masing-masing, “tutupnya.

Sementara itu, Camat Bintan Utara Firman Setiawan mengatakan, pihaknya sudah mulai melaksanakan tugas yang diberikan Bupati Bintan.

Kemarin, dia bersama Kapolsek Bintan Utara Kompol Arbaridi Jumhur dan TNI melakukan sosialisasi kewaspadaan terkait pencegahan penyebaran covid-19 ke pedagang dan pembeli di Pasar Baru Tanjunguban.

Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi dengan keliling menaiki pikap ke titik-titik keramaian di wilayah Tanjunguban, Bintan Utara.

“Tadi kita melanjutkan woro-woro keliling ke kampung-kampung, pelabuhan dan kedai kopi, “ungkapnya.

Dia berharap masyarakat Tanjunguban, Bintan Utara dapat meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. (met)